Peresmian Bendungan Ciawi, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, 23 Desember 2022

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 23 Desember 2022
Kategori: Sambutan
Dibaca: 925 Kali

Bismillahirrahmanirrahim.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Selamat pagi,
Salam sejahtera bagi kita semuanya.

Bapak-Ibu sekalian yang saya hormati,
Problem besar DKI sejak dulu adalah tiga hal; banjir, macet, dan tata ruang. Sekarang kita di sini akan berbicara mengenai urusan banjir.

Banjir di Jakarta, itu siapapun gubernurnya, harus konsisten menyelesaikan normalisasi 13 sungai yang ada di Jakarta. Kemudian, manajemen pemompaan yang ada di waduk-waduk yang ada di Jakarta. Yang ketiga, tanggul laut ataupun juga yang lebih gede lagi giant sea wall. Ini harus diselesaikan. Kalau tiga hal ini tidak selesai, sampai kapanpun Jakarta akan selalu banjir. Siapapun gubernurnya harus konsisten menyelesaikan tadi yang saya sampaikan. Karena sebetulnya masterplan itu sudah jelas di Bappeda DKI ada, di Kementerian PU juga ada. Dan juga sodetan Ciliwung menuju ke BKT, [Banjir Kanal Timur] itu juga harus segera diselesaikan.

Untuk Ciawi dan Sukamahi. Ciawi ini, Bendungan Ciawi ini adalah bendungan kering (dry dam). Ini sudah dimulai tahun pembangunannya tahun 2016, menghabiskan anggaran Rp1,3 triliun, dan bisa menampung kurang lebih 6,05 juta meter kubik. Ciawi dan Sukamahi bisa nanti akan mereduksi dari 464 juta meter kubik menjadi 318 juta meter kubik. Kurang lebih nanti 12 kelurahan yang akan menjadi tidak terdampak lagi karena adanya Waduk Ciawi dan Sukamahi ini.

Di sini ada Gubernur DKI [Jakarta] dan Gubernur Jawa Barat. Saya minta betul agar dituntaskan urusan yang berkaitan dengan banjir di Jakarta secara konsisten, baik yang berkaitan waduk ini selesai, kemudian normalisasi 13 sungai yang ada di Jakarta, urusan sodetan Ciliwung menuju ke BKT, tanggul laut dan giant sea wall, serta pengelolaan pompa-pompa yang ada dengan manajemen yang lebih baik.

Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan pada kesempatan yang baik ini. Dan dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, Bendungan Ciawi di Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat pada pagi hari ini saya nyatakan diresmikan.

Terima kasih.

Sambutan Terbaru