Peresmian Bendungan Karalloe, di Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan, 23 November 2021

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 23 November 2021
Kategori: Sambutan
Dibaca: 226 Kali

Bismillahirrahmanirrahim.
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Yang saya hormati Pak Menko Perekonomian, Pak Menteri PUPR,
Yang saya hormati Wakil Ketua Komisi V DPR RI Bapak Iwan Hermawan,
Yang saya hormati (Plt.) Gubernur Sulawesi Selatan Bapak Andi Sudirman Sulaiman, beserta Bapak Bupati Kabupaten Gowa, Bapak Bupati Kabupaten Jeneponto, serta Bupati dan Wali Kota yang hadir,
Seluruh jajaran Forkopimda Provinsi dan Kabupaten yang hadir,
Para alim ulama, tokoh masyarakat, para petani yang hadir,
Bapak-Ibu sekalian yang saya hormati.

Alhamdulillah, Bendungan Karalloe yang dibangun menghabiskan anggaran Rp1,27 triliun hari ini alhamdulillah telah selesai dan siap untuk kita resmikan. Bendungan yang nantinya akan bisa mengairi 7 ribu hektare lahan pertanian yang ada di Kabupaten Jeneponto, jadi ini bendungannya ada di Kabupaten Gowa tapi yang mendapatkan manfaat nanti para petani di Kabupaten Jeneponto. Tujuh ribu, sekali lagi, 7 ribu hektare, sebuah keluasan yang sangat besar sekali. Sehingga dengan adanya Bendungan Karalloe ini, petani yang sebelumnya dulu hanya panen padi sekali, palawija sekali, nanti insyaallah bisa dua kali panen padi dan sekali palawija, sehingga bisa meningkatkan pendapatan (income), kesejahteraan bagi para petani.

Bendungan ini juga akan mengurangi banjir, terutama yang ada di Jeneponto sebesar, hitungan-hitungannya ada sebesar 49 persen. Kita ingat baru saja tahun 2019 di Jeneponto terjadi banjir besar. Ini dengan adanya Bendungan Karalloe ini akan bisa dikurangi 49 persen banjir yang ada. Ini juga akan memberikan dampak yang baik karena airnya di-manage dari Bendungan Karalloe ini dan juga kemanfaatan bagi pembangkit listrik, air baku, yang semuanya nanti diperuntukkan bagi masyarakat.

Akhirnya dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, hari ini saya resmikan Bendungan Karalloe di Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan.

Terima kasih,
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Sambutan Terbaru