Peresmian Bendungan Pamukkulu dan Pasar Tempe Sengkang di Kabupaten Takalar, Provinsi Sulawesi Selatan, 5 Juli 2024

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 5 Juli 2024
Kategori: Sambutan
Dibaca: 285 Kali

Sambutan Presiden Joko Widodo pada Peresmian Bendungan Pamukkulu dan Pasar Tempe Sengkang, 5 Juli 2024

Bismillahirrahmanirrahim.
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Yang saya hormati para Menteri Kabinet Indonesia Maju;
Yang saya hormati Pimpinan Komisi V DPR RI;
Yang saya hormati Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan, Bupati Kabupaten Takalar, para tokoh adat, tokoh masyarakat;
Bapak-Ibu hadirin dan undangan yang berbahagia.

Air adalah sumber kehidupan dan bukan hanya untuk aktivitas sehari-hari tapi penting sekali saat ini, karena semua negara produktivitas pertaniannya turun, produksi berasnya turun, ada potensi 500 juta orang akan kelaparan di seluruh dunia dan air menjadi hal yang sangat penting sekali. Oleh sebab itu, tadi pagi kita membagikan pompa untuk menaikkan air dari sungai ke sawah agar produksi beras kita tidak jatuh anjlok, karena kemungkinan adanya kekeringan panjang.

Tadi dibagikan di Kabupaten Bantaeng 80 pompa, tapi totalnya kita di seluruh tanah air 20 ribu pompa, yang nanti targetnya semuanya adalah 70 ribu pompa yang itu akan kita manfaatkan untuk menaikkan produktivitas pertanian kita. Dan, Bendungan Pamukkulu ini di Kabupaten Takalar juga sama, kita ingin mengelola air kita, tidak kita biarkan masuk ke sungai dan terus ke laut. Tetapi, kita siapkan Bendungan Pamukkulu yang ini sudah dibangun sejak 2017 berarti sudah hampir tujuh tahun, biayanya Rp1,6 triliun, memiliki daya tampung 82 juta meter kubik dengan luas genangan 460 hektare. Ini adalah bendungan yang besar dan menghabiskan biaya yang juga sangat besar kali, Rp1,6 triliun. Tetapi, kita lihat nanti manfaatnya juga akan sangat besar sekali, terutama untuk masyarakat di Kabupaten Takalar, baik untuk nanti air baku, baik untuk pembangkit tenaga listrik, baik untuk mereduksi/mengurangi banjir dan yang paling penting adalah untuk irigasi kita mengairi sawah-sawah yang ada di Kabupaten Takalar dan sekitarnya.

Saya rasa itu yang ingin saya sampaikan. Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim pada siang hari ini, saya resmikan Bendungan Pamukkulu di Kabupaten Takalar, Provinsi Sulawesi Selatan dan Pasar Tempe Sengkang di Kabupaten Wajo, Provinsi Sulawesi Selatan.

Terima kasih,
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Sambutan Terbaru