Peresmian Bendungan Paselloreng dan Bendung Gilireng, 9 September 2021, di Bendungan Paselloreng, Desa Arajang, Kecamatan Gilireng, Kabupaten Wajo, Provinsi Sulawesi Selatan

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 9 September 2021
Kategori: Sambutan
Dibaca: 142 Kali

Bismillahirrahmanirrahim.

Assalamu’alamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Selamat siang
Salam sejahtera bagi kita semua

Yang saya hormati para Menteri Kabinet Indonesia Maju, hadir bersama saya Pak Menteri PUPR, Pak Sekretaris kabinet,
Yang saya hormati Wakil Ketua Komisi V DPR RI;
Yang saya hormati Panglima TNI dan Kapolri, yang juga hadir bersama saya;
Yang saya hormati tuan rumah, Pak Gubernur Sulawesi Selatan beserta Bupati Wajo;
Para petani, Bapak-Ibu hadirin undangan yang berbahagia.

Alhamdulillah, Bendungan Paselloreng di Kabupaten Wajo, Provinsi Sulawesi Selatan yang dibangun [sejak] tahun 2015, hari ini ini sudah selesai dan siap difungsikan. Bendungan Paselloreng ini menelan biaya Rp771 miliar dan sudah dilengkapi dengan Bendung Irigasi Gilireng yang akan sangat bermanfaat untuk mendukung Sulawesi Selatan sebagai lumbung pangan nasional.

Kita tahu bahwa ketahanan pangan itu butuh suplai air dan air itu akan ada kalau kita memiliki sebanyak-banyaknya bendungan, sehingga bisa menyediakan suplai air secara kontinu dan berkelanjutan. Tahun ini akan dan sudah diselesaikan sampai Desember nanti 17 bendungan. Dan kita harapkan dengan bendungan, bendungan, bendungan yang ada ini, sekali lagi, ketahanan pangan kita akan bisa kita perkuat dan kita tingkatkan.

Dengan kapasitas tampung 138 juta meter kubik, ini bendungan yang sangat besar sekali, sekali lagi daya tampungnya, kapasitas tampungnya 138 juta meter kubik dan luas genangannya 1.258 hektare dan bendungan ini mampu mengairi sawah 8.500 hektare. Sehingga kita harapkan dengan suplai air yang ada akan meningkatkan frekuensi tanam yang mungkin satu [kali], bisa jadi tiga atau dua [kali]. Sehingga meningkatkan produktivitas lahan serta akhirnya bisa kita harapkan meningkatkan kesejahteraan petani.

Bendungan ini juga bermanfaat untuk ketahanan air, bisa mereduksi banjir Sungai Gilireng, ini 489 meter kubik per detik, dan menyediakan air baku 145 liter per detik yang akan melayani enam kecamatan di Kabupaten Wajo. Juga berfungsi tentu saja untuk konservasi, daerah konservasi yang dapat dimanfaatkan untuk pariwisata dan memberikan alternatif pendapatan baru bagi masyarakat.

Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan pada kesempatan yang baik ini. Dan dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim Bendungan Paselloreng dan Bendung Gilireng di Kabupaten Wajo, Provinsi Sulawesi Selatan, siang hari ini saya nyatakan diresmikan.

Terima kasih.
Wassalamu’alaimum warahmatullahi wabarakatuh.

Sambutan Terbaru