Peresmian Ekspansi PT Smelting, di Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur, 14 Desember 2023

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 14 Desember 2023
Kategori: Keterangan Pers
Dibaca: 80 Kali

Keterangan Pers Presiden Republik Indonesia usai Peresmian Ekspansi PT Smelting, di Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur, 14 Desember 2023

Wartawan
Ini apakah menjadi salah satu strategi atau menjadi andalan hilirisasi untuk sumber daya alam Indonesia?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Ya, hilirisasi ini sudah dimulai, tidak boleh berhenti baik di urusan mineral, nikel sudah berjalan dari mulai turunan di katoda, prekursor, nanti EV baterai melompat lagi menjadi electric vehicle. Kemudian, tembaga juga sama. Tembaga kita lihat dari anoda, katoda nanti kemudian bisa copper foil dan turunan-turunan lainnya juga harus ditarik ke negara kita Indonesia, sehingga nilai tambah itu ada di dalam negeri, nilai tambah ada di Indonesia, kesempatan kerja terbuka di Indonesia bukan di negara lain. Dan, itu tidak hanya berhenti di tembaga, di nikel, akan lari ke bauksit, lari ke timah, lari ke batu bara, lari di komoditas perkebunan, lari di komoditas pertanian, lari di komoditas kelautan dan perikanan, semuanya. Sehingga, nilai tambah sekali lagi ada di negara kita. Itu yang akan menjadikan negara ini menjadi negara produsen, negara produksi dan kekuatan pertumbuhan ekonomi itu ada di produksi, bukan di konsumsi.

Wartawan
Kalau proporsi dengan pertanian, perkebunan, bagaimana, Pak? Dibandingkan negara lain?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Ya, satu-satu, semuanya paralel. Satu-satu ini selesaikan, selesaikan, selesaikan satu-satu. Tapi sekali lagi, bahwa hilirisasi harus berjalan.

Wartawan
Pak, rencana divestasi 10 persen lagi itu sejauh mana? Waktu di Amerika dibahas kan, Pak?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Dalam proses semuanya, menunggu PP-nya, PP rampung itu juga akan selesai semuanya, karena semuanya diuntungkan, semuanya diuntungkan, tetapi tetap pemegang mayoritas lebih banyak itu ada di Indonesia. Ada tambahan nanti, tambahan saham untuk Indonesia.

Wartawan
Isu lain, Pak. Terkait mafia bola, PSSI dan Kapolri telah menangkap sejumlah tersangkanya, tanggapan Bapak seperti apa sih, Pak?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Ya, kita kan sudah sejak 2015, saya sampaikan mengenai pentingnya sepak bola itu bersih dari judi, bersih dari mafia bola, sehingga kemarin telah ditangkap oleh Polri yang berkaitan dengan bola dan judi online, saya kira ini sangat bagus. Jangan berhenti disini, diteruskan, sehingga betul-betul bola bersih, permainannya fair, itulah nanti yang akan transformasi sepak bola Indonesia akan terjadi. Tidak ada pengaturan skor, tidak ada permainan uang di dalam pertandingan, itu yang akan menggerakkan transformasi persepakbolaan Indonesia. Kalau ini enggak selesai, jangan berharap sepak bola kita akan naik levelnya ya, meskipun sekarang sudah mulai baik, mulai baik ya.

Wartawan
Terima kasih, Pak.

Keterangan Pers Terbaru