Peresmian Fasilitas Kawasan Suci Pura Agung Besakih, di Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali, 13 Maret 2023 

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 13 Maret 2023
Kategori: Sambutan
Dibaca: 1.129 Kali

Sambutan Presiden Joko Widodo pada Peresmian Fasilitas Kawasan Suci Pura Agung Besakih, 13 Maret 2023 

Om swastiastu.

Yang saya hormati, yang saya sucikan para sulinggih, para pemangku, khususnya pemangku di Pura Agung Besakih;
Yang saya hormati para Menteri Kabinet Indonesia Maju;
Yang saya hormati Gubernur beserta Ibu, dan Wakil Gubernur beserta ketua DPRD, serta para bupati dan wali kota se-Bali, dan Forkopimda Provinsi Bali yang saya hormati;
Yang saya hormati Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia, para ketua organisasi keagamaan, para tokoh masyarakat, lembaga desa, dan desa adat se-Bali, hadirin dan undangan yang berbahagia, seluruh masyarakat Bali yang saya cintai.

Hari ini saya sangat bahagia berada di Kawasan Pura Agung Besakih, pura yang sangat disucikan. Pura yang sangat disucikan bukan hanya oleh umat Hindu di Bali, tetapi juga oleh umat Hindu di seluruh Nusantara. Pura yang suci ini harus kita jaga, harus kita rawat dengan penuh hormat, sehingga umat Hindu dan pengunjung yang datang ke Pura Agung Besakih bisa merasakan aura kesuciannya. Karena dengan terjaganya kesucian, terjaga kebersihan, terjaga kerapian sekaligus menjadi juga tempat yang indah.

Dan, saya tahu sejak dulu pengunjung di Pura Besakih ini sangat banyak dan selalu ramai, apalagi kalau sedang ada upacara besar terutama di upacara Bhatara Turun Kabeh yang diselenggarakan setiap Sasih Kedasa. Umat Hindu dari berbagai penjuru akan berbondong-bondong datang untuk melakukan persembahyangan. Tidak hanya yang berasal dari Bali, tetapi dari seluruh tanah air Indonesia.

Kedatangan umat dan pengunjung yang semakin banyak tanpa diimbangi dengan penataan, tanpa ada antisipasi ke depan, akan menimbulkan kesemrawutan dan ketidaknyamanan. Oleh sebab itu, tahun 2021 saya perintahkan dan saya minta kepada Menteri PUPR, Pak Basuki, untuk melakukan penataan di Kawasan Pura Besakih ini bersama-sama dengan Gubernur Provinsi Bali, yang dilakukan di dua area, yaitu area Bencingah dan area Manik Mas, dengan membangun berbagai infrastruktur pendukung agar masyarakat semakin nyaman saat bersembahyang dan Pura Agung Besakih tetap terjaga kesuciannya.

Hadirin yang saya hormati,
Membangun fasilitas yang bagus, yang megah akan lebih mudah daripada mengelola dan merawatnya. Untuk itu, saya benar-benar ingin titip agar fasilitas yang sudah dibangun oleh pemerintah pusat dan pemerintah provinsi ini dengan dana yang sangat besar, tadi sudah disampaikan oleh Pak Gubernur, harus diikuti dengan pengelolaan yang baik, pengelolaan yang profesional. Harus disiapkan manajemen dengan kompetensi yang baik, sehingga mampu menjembatani berbagai kepentingan-kepentingan yang ada. Libatkan Desa Besakih dan Desa Adat Besakih, beri kesempatan kepada masyarakat juga untuk ikut berpartisipasi dan berkontribusi.

Itu saja yang ingin saya sampaikan dalam kesempatan yang baik ini. Dan, dengan memohon restu Ida Sang Hyang Widhi Wasa, penataan Kawasan Pura Besakih pada siang hari ini saya nyatakan diresmikan.

Terima kasih.
Om santi santi santi om.

Sambutan Terbaru