Peresmian Gedung Anutapura Medical Center, di Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah, 26 Maret 2024

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 26 Maret 2024
Kategori: Sambutan
Dibaca: 272 Kali

Sambutan Presiden Joko Widodo pada Peresmian Gedung Anutapura Medical Center, 26 Maret 2024

Bismillahirrahmanirrahim.
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Selamat sore,
Salam sejahtera bagi kita semuanya.

Bapak-Ibu sekalian yang saya hormati,
Kita masih merasakan duka akibat gempa bumi, tsunami pada tahun 2018 di Sulawesi Tengah. Kita ingat korban jiwa mencapai 4.340 jiwa kemudian 175 ribu orang mengungsi, dan 68 ribu rumah rusak. Dan dampak kerusakan mencapai, hitungan kita, Rp15 triliun kurang lebih.

Saya telah menerbitkan Inpres Nomor 8 Tahun 2022 tentang Penuntasan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pascabencana di Provinsi Sulawesi Tengah, yang akan berakhir di Desember 2024.

Alhamdulillah dengan kerja keras dari berbagai pihak, hari ini dapat dikatakan fasilitas publik, seperti jalan, jembatan, pelayanan publik, seperti seperti pendidikan, pelayanan kesehatan, aktivitas sosial dan ekonomi, kita lihat sudah pulih kembali. Dan, hari ini akan kita resmikan rehabilitasi dan rekonstruksi bangunan gedung layanan kesehatan, fasilitas pendidikan dan hunian, serta infrastruktur permukiman pascabencana.

Dan, segera kita resmikan rekonstruksi Gedung Anutapura Medical Center RSUD Anutapura yang dilaksanakan dari tahun 2021 sampai tahun 2024. Kita lihat gedungnya seperti ini, seluas 19 ribu meter persegi dengan anggaran Rp244 miliar, dilengkapi dengan IGD, kemudian gawat darurat kebidanan, poliklinik, radiologi, lab, ruang rawat inap, dan instalasi bedah sentral.

Gedung ini, menjadi gedung yang pertama di Indonesia yang menerapkan teknologi based isolation system dengan lead rubber bearing untuk menahan daya seismik akibat gempa. Tadi saya sudah diberikan gambarnya, di bawah gedung ini ada kayak shockbreaker, nanti bisa lentur kalau terjadi gempa, tapi kita tidak mengharapkan adanya gempa.

Yang kedua, kita juga resmikan rekonstruksi universitas negeri UIN Datokarama di Palu yang dibangun tahun 2020 sampai selesai dengan biaya Rp139 miliar, di atas lahan seluas 34 ribu meter persegi. Rekonstruksi ini meliputi pembangunan berbagai sarana belajar, gedung perkuliahan, student center, auditorium, fasilitas olahraga, serta fasilitas-fasilitas pendukung lainnya.

Dan yang ketiga, kita juga akan resmikan pembangunan hunian tetap dan infrastruktur permukiman pasca bencana yang telah dibangun sejak 2019 sampai 2024 dengan total biaya Rp1,005 triliun, yang meliputi pembangunan hunian tetap sebanyak 3.724 unit senilai Rp483 miliar serta infrastruktur permukiman senilai Rp571 miliar.

Hadirin yang saya hormati,
Agar infrastruktur yang sudah dibangun pasca bencana ini dijaga, dimanfaatkan sebaik-baiknya. Agar aktivitas masyarakat sepenuhnya bisa normal kembali, aktivitas sosial, aktivitas ekonomi dapat bergerak dan pulih kembali.

Saya rasa itu yang ingin saya sampaikan. Dan dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, Gedung Anutapura Medical Center RSUD Anutapura Palu, yang kedua, rekonstruksi Gedung dan Kampus UIN Datokarama Palu, serta hunian tetap dan infrastruktur permukiman pascabencana di Sulawesi Tengah, sore hari ini saya resmikan.

Terima kasih.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Sambutan Terbaru