Peresmian Gedung Kantor Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia, di Kota Administrasi Jakarta Timur, Provinsi DKI Jakarta, 24 Desember 2021

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 24 Desember 2021
Kategori: Sambutan
Dibaca: 367 Kali

Bismillahirrahmanirrahim.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Yang saya hormati Bapak Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla, Wakil Presiden Republik Indonesia ke-10 dan 12, sekaligus Ketua Umum Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia, beserta seluruh jajaran pengurus;
Yang saya hormati para Menteri Kabinet Indonesia Maju yang hadir, Gubernur DKI Jakarta, Ketua Pembangunan Kantor DMI (Dewan Masjid Indonesia), dan Bapak-Ibu hadirin undangan yang berbahagia.

Tadi betul yang disampaikan oleh Pak JK bahwa pada saat beliau menjadi wakil presiden, beliau bercerita kepada saya bahwa, “Pak ini Ini kantor DMI ini sudah hampir 50 tahun belum memiliki kantor sendiri. Sudah lima kali berpindah-pindah kantornya selama saya menjadi ketua,” Berarti kalau 50 tahun dikalikan lima, 25 kali pindah mungkin setiap ketua.

Jadi alhamdulillah setelah dilihat-lihat di mana lokasi yang paling baik, dapat dari ini tanahnya BLBI yang sudah diambil oleh Kementerian Keuangan. Dan cocok memang di sini cocok, di Jalan Matraman ini cocok, karena memang dekat dengan kantor IPHI (Ikatan Persaudaraan Jamaah Haji Indonesia), dekat dengan kantor pusat PBNU (Pengurus Besar Nahdlatul Ulama), dekat kantor PW (Pengurus Wilayah) Muhammadiyah juga di sekitar ini menurut saya, dekat dengan kantor DDII (Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia)  juga, dekat dengan kantor MUI (Majelis Ulama Indonesia). Saya kira ini memang cocok sekali, Pak JK. Apa yang sudah… Ini yang milih Pak JK, “Di sini aja, Pak,” karena ada beberapa alternatif ya, benar.

Saya berharap kantor baru ini akan menjadikan DMI semakin semangat, menjadikan masjid bukan hanya sebagai tempat beribadah bagi umat Islam, tapi juga berfungsi sebagai pusat pendidikan, sebagai pusat dakwah yang mencerdaskan. Dan juga berfungsi sebagai tempat musyawarah untuk membangun persatuan, untuk memperkokoh ikatan kebangsaan dan juga pusat pengembangan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, seperti tadi yang disampaikan oleh Bapak Ketua Umum DMI.

Sebagai pusat dakwah dan pendidikan umat, masjid juga menjadi tempat bagi umat untuk memperoleh informasi, memperdalam ilmu agama, dan mewujud menjadi amal kebaikan dan akhlak yang mulia dan menyemai Islam sebagai rahmat bagi semesta alam, rahmatan lil alamin, sehingga masjid ikut berkontribusi dalam membangun peradaban negara kita Indonesia, dan juga membangun SDM yang unggul yang berkarakter, yang berakhlak mulia.

Saya juga setuju tadi yang disampaikan oleh Pak JK, bahwa ikhtiar Dewan Masjid Indonesia untuk memakmurkan dan dimakmurkan masjid. Karena itu, masjid harus difungsikan sebagai penguat ekonomi umat, masjid betul-betul berusaha membangun masyarakat yang mutamaddin, yang berdaya secara ekonomi, secara politik maupun budaya. Ikut bersama pemerintah mengurangi pengangguran, memberantas kemiskinan, dan menekan angka ketimpangan yang masih sekarang ini kita miliki, sehingga kesejahteraan umat semakin meningkat dan semakin baik.

Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan pada kesempatan yang baik ini.

Saya tadi kaget pada awal yang menyampaikan kalam ilahi tadi, Ustaz Syam. Ini idolanya Bu Jokowi. Kalau habis subuh beliau pasti menyenggol saya kalau pas keluar, beliau pas  menyampaikan bersama Ustaz Maulana. Tadi waktu pakai masker belum kelihatan, waktu dibuka oh Ustaz Syam, baru kelihatan. Terima kasih, Ustaz.

Demikian yang bisa saya sampaikan. Dan dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada pagi hari ini saya resmikan Gedung Kantor Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia.

Terima kasih.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Sambutan Terbaru