Peresmian Infrastruktur Pascabencana Gempa dan Pelaksanaan Inpres Jalan Daerah (IJD) Provinsi Sulawesi Barat di SMKN 1 Rangas, Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, 23 April 2024

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 23 April 2024
Kategori: Sambutan
Dibaca: 163 Kali

Sambutan Presiden Joko Widodo pada Peresmian Infrastruktur Pascabencana Gempa dan Pelaksanaan Inpres Jalan Daerah (IJD) Provinsi Sulawesi Barat, 23 April 2024

Bismillahirrahmanirrahim.
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Selamat pagi,
Salam sejahtera bagi kita semua.
Yang saya hormati Pak Menteri PUPR, Menteri Kesehatan, Gubernur Sulawesi Barat beserta Bupati Mamuju.

Bapak-Ibu sekalian yang saya hormati,
Anak-anakku semua yang saya cintai.
Alhamdulillah berkat kerja keras kita semuanya, hari ini akan kita resmikan 147 bangunan yang telah direhabilitasi dan telah direkonstruksi di Sulawesi Barat pascabencana yang lalu, bencana gempa, dan juga pembangunan tiga ruas jalan sepanjang 22,4 km yang ditangani dengan Inpres Jalan Daerah.

Rehabilitasi dan rekonstruksi infrastruktur yang kita bangun di Mamuju dan pada umumnya di Provinsi Sulawesi Barat, ini atas instruksi dan perintah langsung yang saya sampaikan pada saat gempa yang lalu. Ini dibangun, ini dibangun, ini dibangun. Saya lihat tadi alhamdulillah sudah selesai, hanya kurang Gedung DPRD dan satu Masjid Syuhada.

Anggaran yang telah dikeluarkan oleh pemerintah pusat sebesar Rp1,31 triliun, ini duit semuanya. Dan, 147 unit bangunan dan infrastruktur yang telah direhab dan direkonstruksi itu adalah 47 bangunan perkantoran, 29 fasilitas kesehatan, 43 fasilitas pendidikan termasuk di SMK 1 Rangas ini, 1 gedung peribadatan, 1 fasilitas olahraga, 7 rumah susun, 2 rumah adat, dan 17 prasarana air minum.

Saya melihat di SMK 1 Rangas ini, bangunannya baik enggak? Dibanding yang sebelumnya, lebih baik atau lebih bagus? Tapi, tadi Pak Kepala Sekolah menyampaikan ke saya, “Pak ini masih kurang, anak-anak butuh asrama karena banyak yang tinggal jauh dari sekolah, sehingga harus banyak yang tersebar ngekos di sekitar sekolah.”

Ya, nanti sebentar lagi akan kita bangun asramanya atas permintaan Kepala Sekolah, Ibu Bupati, dan juga Pak Gubernur. Termasuk nanti siang, tadi ada permintaan karena di tempat praktik yang ada hanya mobil combustion, mobil yang manual lama, padahal sekarang sudah banyak dan zamannya mobil listrik, sehingga perlu praktik juga isinya di dalam mobil listrik itu apa. Siang ini saya kirim mobil listrik untuk praktik, bukan untuk dikendarai.

Saya rasa itu yang ingin saya sampaikan. Dan, dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada pagi hari ini saya resmikan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Infrastruktur Pascabencana Gempa di Sulawesi Barat dan Pelaksanaan Inpres Jalan Daerah di Provinsi Sulawesi Barat.

Terima kasih.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Sambutan Terbaru