Peresmian Jalan Tol Cileunyi, Sumedang, Dawuan (Cisumdawu), di Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat, 11 Juli 2023

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 11 Juli 2023
Kategori: Sambutan
Dibaca: 1.204 Kali

Sambutan Presiden Jokowi pada Peresmian Jalan Tol Cisumdawu, 11 Juli 2023

Bismillahirrahmanirrahim.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Selamat pagi,
Salam sejahtera bagi kita semua.

Yang saya hormati para menteri, Gubernur Provinsi Jawa Barat, Bupati Sumedang beserta seluruh bupati yang hadir;
Bapak-Ibu hadirin dan undangan yang berbahagia.

Alhamdulillah, pada hari ini Jalan Tol Cisumdawu (Jalan Tol Cileunyi, Sumedang, dan Dawuan) sudah selesai dan segera siap untuk dioperasikan. Jalan tol ini menghubungkan kota Bandung melalui Tol Cipularang ke Tol Cipali.

Dan, supaya kita semuanya tahu, Jalan Tol Cisumdawu ini sudah dimulai dibangun itu tahun 2011, artinya sudah 12 tahun. Memang banyak problem di lapangan, utamanya urusan pembebasan lahan, pembebasan tanah. Dan, kita berada di terowongan kembar (twin tunnel) yang panjangnya 472 meter. Ini di seluruh Indonesia tidak ada jalan tol yang melewati dua terowongan, seperti yang kita lihat pada pagi hari ini.

Pembangunan Tol Cisumdawu sepanjang 61,6 kilometer ini menghabiskan anggaran Rp18,3 triliun, yang dari pemerintah Rp9,07 triliun, sisanya dari KPBU (Kerja sama Pemerintah dengan Badan Usaha), dari swasta.

Dan, kita harapkan dengan beroperasinya jalan tol ini, ini akan mempermudah konektivitas menuju ke Bandara Kertajati. Dulu memang ini kita kerjakan bersama-sama agar jalan tol jadi, Bandara Kertajati juga jadi, berbarengan. Bandara Kertajati/Airport Kertajati rampung, Jalan Tol Cisumdawu rampung. Tapi sekali lagi, karena urusan pembebasan lahan, Airport Kertajati-nya selesai, tolnya belum selesai, sehingga ini mengganggu operasional dari Airport Kertajati.

Kita harapkan setelah jalan tol ini selesai, tadi sudah saya sampaikan pagi di Airport Kertajati, Jalan Tol Cisumdawu selesai, Airport Kertajati nanti di bulan Oktober sudah operasional penuh. Sekarang sudah dimulai dengan penerbangan haji, embarkasi haji untuk Provinsi Jawa Barat dan beberapa penerbangan yang sudah masuk.

Dan, saya melihat Airport Kertajati adalah, yang didukung oleh Tol Cisumdawu ini adalah, airport masa depan kita, karena sekarang sudah mulai banyak keinginan negara-negara luar untuk masuk equity-nya berpartner di Airport Kertajati, baik untuk mengoperasikan juga untuk meningkatkan traffic/lalu lintas penerbangan yang ada. Ini yang kita harapkan. Kalau saya hanya melihat kalau negara lain berbondong-bondong ingin masuk, artinya di Kertajati ini ada sesuatu. Dan, kita harapkan ini menjadi bandara besar di masa yang akan datang.

Saya rasa, itu yang ingin saya sampaikan. Dan dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada pagi hari ini saya resmikan Jalan Tol Cileunyi, Sumedang, Dawuan (Jalan Tol Cisumdawu) di Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat.

Terima kasih.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Sambutan Terbaru