Peresmian Jalan Tol Manado-Bitung Ruas Manado-Danowudu (melalui Video Conference), 29 September 2020, di Istana Kepresidenan Bogor, Provinsi Jawa Barat

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 29 September 2020
Kategori: Sambutan
Dibaca: 111 Kali

Bismillahirrahmanirrahim.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Selamat siang,
Salam sejahtera bagi kita semuanya,
Shalom,
Om Swastiastu,
Namo Buddhaya,
Salam kebajikan.

Yang saya hormati para Menteri Kabinet Indonesia Maju,
Yang saya hormati Anggota Komisi V DPR RI yang hadir,
Yang saya hormati Gubernur Sulawesi Utara beserta seluruh jajaran Forkopimda, para Bupati/Wali Kota yang hadir.
Yang saya hormati seluruh tokoh agama, tokoh masyarakat Sulawesi Utara,
Yang saya hormati Direktur Utama PT Jasa Marga dan PT PP,
Bapak-Ibu hadirin dan undangan yang berbahagia.

Alhamdulillah Jalan Tol Manado-Bitung ruas Manado-Danowudu sepanjang 26 kilometer sudah selesai, sudah rampung. Dan sekarang sudah bisa dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan usaha dan memudahkan transportasi masyarakat. Nanti jika seluruh ruas ini sudah selesai, panjangnya mencapai 40 kilometer. Gerbang tolnya hanya 9 kilometer atau sekitar 12 menit dari Bandara Sam Ratulangi, jadi sangat dekat sekali. Bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan dari Manado ke Bitung atau sebaliknya dengan melalui jalan tol ini, waktu tempuhnya akan menjadi jauh lebih cepat. Yang dulu ditempuh satu setengah jam sekarang hanya setengah jam saja. Ini sebuah kecepatan, perubahan kecepatan yang sangat berubah sekali.

Hadirin yang saya hormati,
Saya melihat Provinsi Sulawesi Utara memiliki banyak potensi ekonomi yang harus terus kita kembangkan. Ada industri perikanan, ini terutama di Bitung, ada sektor pertanian, ada sektor perkebunan, dan juga banyak destinasi pariwisata. Pengembangan sektor-sektor itu sangat memerlukan dukungan infrastruktur, termasuk di dalamnya adalah jalan tol. Jalan Tol Manado-Bitung ini juga dirancang untuk terintegrasi dengan kawasan industri, terintegrasi dengan kawasan pariwisata di Sulawesi Utara sehingga akan mempercepat akses, menjadi lebih mudah dijangkau, lebih cepat dikenal, dan lebih mudah dikembangkan.

Dengan adanya jalan tol ini, maka biaya logistik dari Pelabuhan Internasional Bitung dapat ditekan lebih rendah sehingga lebih efisien, daya saing juga otomatis akan meningkat. Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung juga dapat dikembangkan lebih maju. Ini saya kira nanti tugasnya Gubernur untuk menarik investasi sebanyak-banyaknya ke KEK di Bitung. Dan kawasan strategis pariwisata Manado, Bitung, Likupang, termasuk akses ke Pulau Lembeh semakin mudah dijangkau.

Oleh sebab itu, kita harapkan pariwisata di Sulawesi Utara bisa berkembang lebih baik lagi nanti setelah berakhirnya pandemi yang kita hadapi sekarang ini. Dan dengan tersambungnya kawasan perekonomian ini, saya yakin investasi akan lebih banyak datang, usaha-usaha baru akan tumbuh lebih banyak, dan lapangan pekerjaan bagi masyarakat juga pasti akan meningkat. Sulawesi Utara akan semakin berkembang.

Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan pada kesempatan yang berbahagia ini, dan dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim Tol Manado-Bitung ruas Manado-Danowudu saya resmikan hari ini.

Terima kasih.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Sambutan Terbaru