Peresmian Jalan Tol Ruas Sigli – Banda Aceh Seksi 4 Indrapuri – Blang Bintang, 25 Agustus 2020, di Gerbang Tol Blang Bintang, Kecamatan Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 25 Agustus 2020
Kategori: Sambutan
Dibaca: 252 Kali

Bismillahirrahmanirrahim.
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Yang saya hormati para Menteri Kabinet Indonesia Maju,
Yang saya hormati Gubernur Nanggroe Aceh Darussalam beserta Bupati yang hadir,
Bapak-Ibu hadirin yang berbahagia.

Meskipun kita tengah menghadapi pandemi COVID-19, pembangunan infrastruktur tetap terus kita jalankan. Karena memang posisi infrastruktur di negara kita masih sangat tertinggal dengan negara-negara lain, kalau dibandingkan dengan negara-negara lain. Sehingga hal itu membuat biaya logistik kita menjadi lebih mahal. Inilah yang menyebabkan competitiveness kita, daya saing kita menjadi tidak baik kalau dikompetisikan dengan negara-negara tetangga kita.

Selain itu, dalam kondisi seperti saat ini pembangunan infrastruktur juga menjadi salah satu strategi yang memberikan daya ungkit untuk percepatan pemulihan ekonomi nasional. Kenapa ini kita jalankan? Karena alasan ini. Dan kita tahu, untuk menyambungkan Aceh nanti sampai ke Lampung yang memiliki panjang 2.765 kilometer, ini kita harapkan akan mendorong pertumbuhan, akan mendorong pemerataan ekonomi, pertumbuhan ekonomi dan pemerataan ekonomi di Pulau Sumatra. Dan tentu saja bisa meningkatkan efisiensi untuk waktu tempuh. Ini data yang saya terima akan meningkatkan efisiensi waktu tempuh 53 jam sepanjang koridor pembangunan ini. Dan meningkatkan multiplier effect 2-3 kali, ini luar biasa, kalau ini selesai insyaallah nanti di 2024. Dan juga dihitung ini menyerap tenaga kerja 296.000 lapangan kerja secara langsung untuk 18 ruas yang ada, dan saat ini menyerap tenaga kerja 24.700 tenaga kerja. Ini memang sangat banyak sekali.

Hadirin sekalian yang saya hormati,
Jalan tol Banda Aceh-Sigli sepanjang 74 kilometer, ini merupakan jalan tol pertama di Provinsi Aceh. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Bapak Gubernur, Pak Bupati, seluruh masyarakat di Aceh, bahwa pembebasan lahan yang ada di Provinsi Aceh ini paling cepat sepanjang yang saya tahu, paling cepat. Misalnya yang 74 kilometer ini dari Banda Aceh ke Sigli itu sudah 86 persen, ini cepat sekali. Sehingga konstruksinya bisa mengikuti dengan cepat. Saya kira kalau cara-cara di Aceh ini nanti diterapkan untuk provinsi lain itu kecepatan pembangunan jalan tol itu bisa semuanya segera bisa beroperasi penuh. Jika ini sudah beroperasi, nanti akses ke bandara akan semakin mudah dan semakin cepat, waktu tempuh akan semakin cepat.

Kalau konektivitas semakin lancar dan terhubung dengan transportasi udara, maka yang akan kita lihat ke depan pergerakan orang, pergerakan barang akan lebih cepat sehingga biaya akan lebih efisien. Pertumbuhan ekonomi akan saling terhubung dari titik satu ke titik yang lain sehingga perekonomian akan bergerak lebih cepat. Dan kita harapkan dengan infrastruktur baru ini akan menumbuhkan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru, ada usaha-usaha baru, ada perluasan usaha dari yang sudah ada. Membangkitkan, yang kita harapkan bisa membangkitkan perekonomian di Aceh secara luas. Dan tentu saja goal-nya adalah menciptakan lapangan kerja yang sebanyak-banyaknya.

Saya titip, ini yang terakhir, kepada Pak Gubernur, ini koridor utamanya tolnya jadi, saya juga minta agar ini disambungkan dengan sentra-sentra pertanian, sentra-sentra pariwisata, sentra-sentra kawasan industri sehingga betul-betul bermanfaat bagi masyarakat kita di Aceh. Dan yang kita harapkan lagi Aceh akan menjadi episentrum pertumbuhan ekonomi baru di Pulau Sumatra. Dan jangan lupa, libatkan yang namanya usaha mikro, usaha kecil, usaha menengah agar mereka juga ikut merasakan kue ekonomi dari infrastruktur yang kita bangun.

Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan. Dan dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim jalan tol ruas Sigli-Blang Bintang seksi 4 Indrapuri-Blang Bintang hari ini saya nyatakan diresmikan.

Terima kasih.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Sambutan Terbaru