Peresmian Jembatan Teluk Kendari, 22 Oktober 2020,  di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 22 Oktober 2020
Kategori: Sambutan
Dibaca: 133 Kali

Bismillahirrahmanirrahim.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Selamat siang,
Salam sejahtera bagi kita semuanya.

Yang saya hormati para Menteri Kabinet Indonesia Maju,
Yang saya hormati Gubernur Sulawesi Tenggara serta Bapak Wali Kota Kendari,
Seluruh jajaran Kementerian PUPR,
Hadirin undangan yang berbahagia.

Alhamdulillah Jembatan Teluk Kendari sepanjang 1,349 meter atau 1,34 kilometer dengan lebar 20 meter, hari ini telah rampung dan telah selesai. Jembatan ini dibangun selama 5 tahun, dari 2015 sampai ke 2020, dengan total biaya Rp804 miliar. Tapi saya yakin lamanya waktu pengerjaan dan besarnya dana yang dibutuhkan untuk membangun jembatan ini, akan sebanding dengan manfaat yang akan dirasakan oleh masyarakat.

Bagi masyarakat Kota Lama yang bepergian ke Kecamatan Poasia yang biasanya menyeberangi Teluk Kendari menggunakan feri dan memutari teluk sejauh 20 kilometer dengan waktu tempuh 30-40 menit, sekarang hanya perlu waktu 5 menit. Kelancaran konektivitas dan akses ini akan membuat mobilitas barang, mobilitas jasa, mobilitas manusia akan menjadi semakin efisien. Dengan demikian daya saing akan semakin meningkat, sehingga Sulawesi Tenggara khususnya Kota Kendari menjadi semakin menarik untuk pengembangan usaha-usaha baru.

Jembatan ini dibangun untuk mendukung pengembangan kawasan Konawe dan Pelabuhan Bungkutoko yang akan dikembangkan sebagai kawasan industri Kendari New Port dan kawasan-kawasan permukiman baru sehingga memunculkan sentra-sentra pertumbuhan ekonomi yang baru di Kendari dan di Provinsi Sulawesi Tenggara.

Dalam berbagai kesempatan, saya selalu menyampaikan bahwa infrastruktur yang kita bangun, apakah itu jembatan, jalan tol, bandara, maupun pelabuhan harus memiliki nilai tambah, yakni terintegrasi dengan kawasan-kawasan pertanian, terintegrasi dengan kawasan-kawasan perkebunan, terintegrasi dengan kawasan-kawasan industri yang sudah ada, sehingga betul-betul memberikan daya ungkit kepada produktivitas dan daya saing, dan juga memunculkan sentra-sentra ekonomi pertumbuhan baru, yang tentu saja kita harapkan dapat memunculkan lapangan pekerjaan yang lebih banyak.

Hadirin yang saya hormati,
Saya lihat jembatan ini tidak hanya besar manfaatnya, tapi juga menarik dari sisi arsitekturnya. Mempercantik lanskap Kota Kendari, menjadi ikon baru, dan menjadi kebanggaan masyarakat Kota Kendari, dan tentu saja membuat Kota Kendari lebih dikenal karena memiliki landmark yang baru. Saya mendapat laporan bahwa kawasan di sekitar jembatan ini juga akan ditata, dilengkapi dengan ruang terbuka publik seperti lapangan olahraga, area parkir, dan street cinema sebagai bagian dari pengembangan kawasan Kota Lama. Dan saya yakin ini akan meningkatkan daya tarik dari Jembatan Teluk Kendari ini.

Saya rasa itu yang penting yang bisa saya sampaikan. Maka dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, Jembatan Teluk Kendari saya resmikan hari ini.

Terima kasih.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Sambutan Terbaru