Peresmian Kampus Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Sindangsari, 4 Maret 2021, di Kota Serang, Provinsi Banten

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 4 Maret 2021
Kategori: Sambutan
Dibaca: 259 Kali

Bismillahirrahmanirrahim.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Selamat siang,
Salam sejahtera bagi kita semuanya.

Yang saya hormati Bapak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan;
Yang saya hormati Bapak Menteri PUPR;
Dan yang saya hormati Bapak Kepala Staf Kepresidenan;
Yang saya hormati Gubernur dan Wakil Gubernur yang hadir;
Dan yang saya hormati Bapak Rektor beserta Wakil Rektor dan para Dekan, Dewan Penyantun dan anggota Dewan Penyantun;
Yang saya hormati para Alim Ulama, serta tokoh masyarakat yang hadir;
Bapak-Ibu hadirin dan undangan yang berbahagia, serta tak lupa seluruh mahasiswa yang hadir pada sore hari ini.

Sore hari ini, saya sangat gembira sekali bisa hadir di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa untuk meresmikan kampus barunya. Kampus ini bukan hanya kita lihat secara fisik baru, iya. Tadi saya masuk di gerbang sudah melihat betapa megahnya Universitas Untirta ini. Tapi kampus baru ini juga mewakili semangat baru, spirit baru untuk memajukan pendidikan tinggi di Provinsi Banten, memacu kita semuanya untuk berkonsentrasi kepada persiapan, menyiapkan SDM unggul untuk memenangkan persaingan dan kompetisi global yang sekarang ini semakin sengit antarnegara.

Untirta mewarisi nilai-nilai keteladanan dari dua sosok pergerakan di Banten, yaitu Sultan Ageng Tirtayasa dan Syekh Nawawi Al-Bantani. Simbol perpaduan kekuatan ulama dan umara yang mewakili karakter kepemimpinan dan intelektual. Ini tercermin di Untirta ini.

Perpaduan karakter yang diperlukan di sebuah perguruan tinggi sebagai pusat pengembangan keilmuan dan pusat kaderisasi kepemimpinan nasional. Nilai-nilai keteladanan tersebut harus betul-betul diimplementasikan dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi agar Untirta mampu mewujudkan visinya, universitas kelas dunia yang menjadi kebanggaan masyarakat Banten dan kebanggaan negara kita Indonesia, sebagai integrated smart and green university.

Hadirin yang saya hormati,
Saya memberikan apresiasi kepada Untirta untuk konsisten menerapkan konsep smart and green university secara nyata di lingkungan kampus. Saya lihat ada area terbuka hijau yang mencapai tadi disampaikan oleh Pak Rektor, 30 persen dari luasan kawasan. Tapi tadi sambil cerita, Pak Rektor minta bonus/tambahan, “Pak, mohon dibangunkan embung kolam.” Saya jawab, “ya.” Langsung saya perintah ke Menteri PUPR. Kalau bisa tahun ini, insyaallah, kalau ndak, ya paling lambat tahun depan. Sudah. Tapi juga menggunakan teknologi yang ramah lingkungan berbentuk pendaur ulang air karya sendiri. Ini memang harus seperti ini, ada inovasi-inovasi baru. Pencahayaannya semuanya menggunakan penerangan alami, tidak ada kendaraan pribadi yang masuk ke kampus ini, dan pergerakan di kampus ini dibantu oleh shuttle bus. Ini adalah visi smart and green university yang betul-betul terintegrasi.

Dengan semua potensi yang dimiliki Untirta, maka harus berperan sebagai lokomotif kemajuan di Provinsi Banten. Sebagai pelopor lompatan kemajuan, dan terus mengembangkan inovasi dan kreativitas. Membuka diri seluas-luasnya terhadap hal-hal yang baru, bersikap moderat dan menghargai kemajemukan, kebinekaan dan tadi juga sudah disampaikan oleh Pak Rektor, serta menjaga nilai-nilai budaya lokal.

Hadirin yang saya hormati,
Perguruan tinggi tidak berada di “menara gading” tapi harus memfungsikan diri sebagai “menara air”, di mana hasil penelitian maupun inovasi-inovasi yang dihasilkan kampus harus langsung bisa dirasakan oleh masyarakat. Ini penting sekali. Karena di sekitar kita masih terdapat masyarakat yang berada di garis kemiskinan dan keterbelakangan. Ini menantang kita semua untuk ikut berkontribusi dalam menyelesaikan persoalan bersama.

Saya berharap Untirta bisa ikut mengambil bagian dari kerja bersama ini dengan terus membangun kolaborasi dengan berbagai pihak, meluaskan jejaring dan kerja sama, terutama dengan kalangan industri agar mampu menghasilkan penelitian dan inovasi-inovasi yang memiliki nilai tambah bagi peningkatan kualitas hidup masyarakat, khususnya masyarakat di Provinsi Banten.

Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan pada kesempatan yang baik ini. Dan dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim saya resmikan kampus baru Untirta, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa di Sindangsari, Kabupaten Serang, Provinsi Banten pada sore hari ini.

Terima kasih.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Sambutan Terbaru