Peresmian Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lido, di Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, 31 Maret 2023

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 31 Maret 2023
Kategori: Sambutan
Dibaca: 1.445 Kali

Sambutan Presiden Joko Widodo pada Peresmian Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lido, di Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, 31 Maret 2023

Bismillahirrahmanirrahim.
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Selamat pagi,
Salam sejahtera bagi kita semua.

Yang saya hormati Ketua MPR RI, Pak Menko Perekonomian beserta para menteri yang hadir. Saya juga mengajak Pak Kepala Otorita IKN Nusantara untuk melihat seperti apa kawasan KEK Lido ini;
Chairman MNC Group Bapak Hary Tanoesoedibjo beserta Ibu;
Bapak-Ibu sekalian yang tidak bisa saya sebut satu persatu, Gubernur Jawa Barat, beserta Bupati Kabupaten Bogor, Wali Kota Bogor yang hadir.

Setelah tadi muter-muter di KEK Lido ini, saya betul-betul sangat senang. Karena apa? Infrastruktur yang kita bangun, baik itu airport, baik itu pelabuhan, baik itu jalan tol, sekarang satu per satu sudah kelihatan manfaatnya dan dimanfaatkan oleh sektor swasta untuk mendapatkan nilai-nilai keekonomian.

Contoh, jalan tol. Saya sampaikan, jalan tol yang sudah kita bangun di Pulau Jawa di Sumatera, di Kalimantan, di Sulawesi, meskipun baru sebagian, baru sepotong-dua potong, tapi segera itu disambungkan dengan jalan tol, sambungkan dengan kawasan industri, sambungkan dengan kawasan pertanian, sambungkan dengan kawasan perkebunan, sehingga memberikan nilai manfaat yang maksimal sesuai yang kita inginkan. Dan, sambungkan juga dengan kawasan-kawasan pariwisata.

Sehingga kalau kita lihat sekarang ini Tol Jagorawi, kemudian sambung dengan Tol Bocimi, dimanfaatkan betul oleh Pak Hary Tanoe untuk Kawasan Ekonomi Khusus Lido. Artinya, jalan tol ini juga secara ekonomi itu bermanfaat.

Dan, tadi saya senang tadi ditunjukan bahwa di KEK Lido ini akan ada themepark-nya, akan ada movieland-nya, akan ada waterpark-nya, akan ada technopark-nya, akan ada kawasan untuk otomotif, semuanya komplet. Jadi, kita harapkan ke depan tidak ada lagi masyarakat kita yang lebih senang liburan ke luar negeri daripada di negerinya sendiri.

Tadi Pak Airlangga menyampaikan, Pak Menko menyampaikan, masyarakat kita yang liburan ke luar itu ada 11 juta. Kalau kita rem separuh saja, itu devisanya sangat besar sekali yang tidak terbuang untuk masuk ke negara yang lain. Hal seperti inilah yang diharapkan oleh pemerintah, agar pembangunan infrastruktur yang telah kita kerjakan itu betul-betul secara ekonomis dimanfaatkan oleh sektor swasta.

Dan, ya memang ini kawasannya dari Jakarta hanya satu jam atau 50 menit. Kemudian, kalau kita lihat tadi tengok ke sana ada Gunung Pangrango, tengok ke sana ada Gunung Gede, ada Gunung Salak. Sulit mencari lokasi seperti di Lido ini, dan saya melihat Pak Hary Tanoe tajam banget.

Saya rasa, itu yang ingin saya sampaikan. Dan dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada pagi hari ini saya resmikan Kawasan Ekonomi Khusus Lido di Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Terima kasih.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Sambutan Terbaru