Peresmian Kolam Regulasi Nipa-nipa, 18 Maret 2021, di Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 18 Maret 2021
Kategori: Sambutan
Dibaca: 117 Kali

Bismillahirrahmanirrahim
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Yang saya hormati para Menteri Kabinet Indonesia Maju,
Yang saya hormati pimpinan dan anggota DPR RI, DPD RI yang hadir,
Yang saya hormati Plt. Gubernur Sulawesi Selatan beserta Bupati Gowa, Bupati Maros, serta Wali Kota Makassar, para tokoh agama, tokoh masyarakat,
Hadirin dan Undangan yang berbahagia.

Tadi Pak Gubernur masih meminta banyak sekali hal-hal yang kurang di Sulawesi Selatan. Padahal pagi tadi baru saja kita resmikan Bandara Tana Toraja yang hampir Rp1 triliun. Ada juga beberapa waduk yang ada di Sulawesi Selatan yang mungkin tahun ini yang juga akan kita resmikan.

Dan alhamdulillah hari ini kita resmikan, kita operasikan, karena telah selesai dibangun selama lima tahun yaitu Kolam Regulasi Nipa-nipa. Ini adalah kolam untuk pengaturan air, pengaturan terutama banjir dan genangan yang ada di Kota Makassar. Jadi lokasi kolam regulasi ini ada di tiga wilayah: di (Kabupaten) Maros, kemudian di (Kota) Makassar sedikit, kemudian di (Kabupaten) Gowa juga sedikit. Tapi banyak fungsinya di Kota Makassar.

Kolam Regulasi Nipa-nipa ini menghabiskan anggaran Rp320 miliar, ini mencakup 83 hektare luasnya, memang sangat luas sekali hampir mirip dengan waduk, dan volume tampungannya 2,7 juta meter kubik, sehingga ini bisa mengurangi banjir dari yang sebelumnya kurang lebih 45 persen. Sangat berfungsi sekali, meskipun masih ada nanti kolam regulasi yang lain yang memang harus dibangun, utamanya ini di DAS (daerah aliran sungai) Tallo sehingga Kota Makassar kita harapkan dapat bebas dari genangan dan banjir, bebas dari air yang biasanya meluap dari DAS Tallo ini karena sekarang diatur dan dikendalikan oleh kolam regulasi di Nipa-nipa ini.

Dan kita harapkan infrastruktur ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya, meningkatkan daya dukung dan kemajuan Sulawesi Selatan. Banyak yang memang harus kita selesaikan, seperti tadi Pak (Plt.) Gubernur menyampaikan, Makassar New Port itu sangat penting sekali, itu akan menjadi hub Indonesia bagian timur. Tapi akan saya dorong nanti Menteri Perhubungan untuk bisa menyelesaikan dan Menteri BUMN agar segera bisa beroperasi dan berfungsi.

Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan pada kesempatan yang baik ini. Dan dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim Kolam Regulasi Nipa-nipa sore hari ini saya resmikan.

Terima kasih.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Sambutan Terbaru