Peresmian Makassar New Port, di Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, 22 Februari 2024

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 22 Februari 2024
Kategori: Keterangan Pers
Dibaca: 457 Kali

Keterangan Pers Presiden Joko Widodo setelah Peresmian Makassar New Port, 22 Februari 2024

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Ya sekali lagi, jadi Makassar New Port ini akan memberikan dampak daya saing, nanti produk-produk di Indonesia bagian timur akan lebih baik lagi dan juga efisiensi biaya logistik juga akan lebih baik lagi, sehingga produk-produk di Indonesia bagian timur bisa bersaing dengan wilayah Indonesia lainnya atau dengan negara lain. Dan, tidak sedikit loh ya biaya anggaran investasi untuk Makassar New Port ini Rp5,4 triliun, sangat besar sekali. Dan, secara bertahap, ini baru 30 persen digeser dari pelabuhan lama ke sini, tahap demi tahap nanti akan langsung 100 persen ya.

Wartawan
Kapan 100 persen, ada targetnya, Pak?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Ya semuanya yang paling penting pelabuhan barunya sudah selesai. Pindahnya itu kan bisa seminggu, bisa sebulan, bisa dua bulan, bertahap, tidak mengganggu, yang paling penting tidak mengganggu arus barang keluar dan masuk di Sulawesi.

Wartawan
Harapan ke depan?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Ya kalau nanti pelabuhan baru ini, Makassar New Port ini sudah penuh, ya ditingkatkan kapasitasnya lagi. Tadi kan Pak Menteri BUMN sudah sampaikan, ini Rp5,4 triliun akan diinvestasikan lagi sampai ke angka Rp10 triliun ya.

Wartawan
Tadi pelabuhan lama katanya mau dibikin gimana?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Nanti, wong baru, baru ide gagasan. Nanti tentu saja kita akan berbicara dengan Pak Gubernur, akan berbicara dengan Pak Wali Kota karena itu lokasinya kan sangat bagus sekali di pusat kota, kalau dibuat sesuatu kan akan memberikan nilai tambah yang baik bagi Kota Makassar.

Keterangan Pers Terbaru