Peresmian Pabrik Industri Baja PT. Krakatau Steel (Persero) Tbk, 21 September 2021, di Kota Cilegon, Provinsi Banten

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 21 September 2021
Kategori: Sambutan
Dibaca: 139 Kali

Bismillahirrahmanirrahim.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuhm
Selamat siang,
Salam sejahtera bagi kita semuanya.

Yang saya hormati Ketua DPR RI, Ibu Dr. Puan Maharani;
Yang saya hormati Yang Mulia Duta Besar Republik Korea untuk Indonesia Bapak Park Taesung;
Yang saya hormati Pimpinan dan Anggota DPR RI yang hadir;
Yang saya hormati para Menteri Kabinet Indonesia Maju;
Yang saya hormati Gubernur Banten beserta Wali Kota Cilegon;
Dan yang saya hormati Direktur Utama beserta seluruh jajaran Direksi, serta jajaran Komisaris PT Krakatau Steel Group;
Bapak-Ibu hadirin undangan yang berbahagia.

Walaupun di masa pandemi, proses transformasi BUMN tetap harus kita lakukan. Tadi sudah disampaikan oleh Menteri BUMN Bapak Erick Thohir, pembentukan holding dan subholding sampai dengan pembentukan klaster-klaster industri strategis. Saya kira tadi dipaparkan secara simpel dan cepat, dan semua kita tahu arahnya ke mana.

Transformasi BUMN menjadi keharusan agar BUMN-BUMN kita ini menjadi BUMN yang kelas dunia, yang semakin profesional, yang semakin kompetitif, yang semakin menguntungkan, untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat dan membuka semakin banyak lapangan pekerjaan di negara kita, serta berkontribusi lebih besar pada pendapatan negara.

PT Krakatau Steel juga terus melakukan transformasi dan terus melakukan restrukturisasi. Pak Menteri BUMN tadi menyampaikan Krakatau Steel saat ini sudah semakin sehat, karena memang sebelumnya kurang sehat. Produksinya juga semakin lancar. Industri ini sangat strategis, oleh sebab itu, saya memberikan perhatian besar pada industri baja ini.

Produk yang dihasilkan sangat dibutuhkan dan dimanfaatkan oleh industri-industri lain. Artinya, nanti akan mengurangi semakin banyak impor kita dari negara-negara lain dan merupakan salah satu pilar penting untuk memacu pertumbuhan ekonomi Indonesia, karena konsumsi baja kita sangat besar. Kalau kita tahu konsumsi baja sangat besar, jangan dibiarkan ini dimasuki produk-produk dari luar. Dan terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, bukan hanya karena pembangunan infrastruktur, tetapi juga pembangunan industri yang lainnya, yang nanti juga membutuhkan baja, utamanya industri otomotif.

Dan selama lima tahun terakhir, kebutuhan baja kita meningkat hingga 40 persen. Tadi sudah disampaikan oleh Pak Dirut. Hal ini dipacu oleh pembangunan infrastruktur yang kita lakukan.

Hadirin yang berbahagia,
Hari ini kita akan saksikan peresmian Hot Strip Mill #2 dari PT Krakatau Steel yang menggunakan teknologi modern dan terbaru di industri baja dan hanya ada dua di dunia, pertama di Amerika Serikat dan yang kedua di Indonesia, yaitu di Krakatau Steel. Tadi saya sudah melihat ke dalam proses produksinya dan betul-betul memang teknologi tinggi.

Pabrik ini memiliki kapasitas produksi hot rolled coil (HRC) sebesar 1,5 juta ton per tahun, merupakan pabrik pertama di Indonesia yang mampu menghasilkan HRC kualitas premium. Produksinya akan terus kita tingkatkan hingga nanti mencapai 4 juta ton per tahun.

Dengan beroperasinya pabrik ini, kita akan dapat memenuhi kebutuhan baja dalam negeri. Jadi enggak ada lagi impor-impor yang kita lakukan, ini yang kita harapkan. Sehingga sekali lagi akan menekan angka impor baja negara kita yang saat ini berada pada peringkat kedua komoditas impor Indonesia. Sehingga kita harapkan nanti bisa menghemat devisa Rp29 triliun per tahun, ini angka yang sangat besar sekali.

Saya pesan, agar kualitas produk yang dihasilkan tidak kalah dengan produk impor, bisa memenuhi kebutuhan dunia industri kita, di negara kita. Dan saya yakin nantinya akan menjadi komoditas yang mampu bersaing di pasar regional dan pasar global.

Saya titip kepada para Menteri untuk terus mendukung para pelaku industri baja dan besi, mendukung BUMN kita agar menjadi profesional dan terus menguntungkan untuk mewujudkan klaster 10 juta ton industri baja di Cilegon ini, yang ditargetkan akan terealisasi di tahun 2025.

Itu saja yang ingin saya sampaikan dan dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim hari ini saya resmikan Hot Strip Mill #2 PT Krakatau Steel Tbk.

Terima kasih.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Sambutan Terbaru