Peresmian Pabrik Percontohan Minyak Makan Merah Pagar Merbau di Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara, 14 Maret 2024

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 14 Maret 2024
Kategori: Sambutan
Dibaca: 360 Kali

Sambutan Presiden Joko Widodo pada Peresmian Pabrik Percontohan Minyak Makan Merah Pagar Merbau, 14 Maret 2024

Bismillahirrahmanirrahim.

Assalamuálaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Selamat siang,
Salam sejahtera bagi kita semuanya.

Yang saya hormati Bapak Menteri PUPR, Pak Menteri Koperasi dan UKM;
Yang saya hormati Gubernur Sumatra Utara beserta Bupati Deli Serdang, dan Pak Dirut PTPN III, para petani sawit;
Bapak-Ibu sekalian hadirin dan undangan yang berbahagia.

Negara kita Indonesia ini memiliki 15,3 juta hektare kebun kelapa sawit dan 40,5 persennya adalah milik petani. Artinya, ada 6,2 juta hektare itu milik petani. Dan, kita ingin nilai tambah itu ada di dalam negeri. Oleh sebab itu, kita bangun pabrik minyak makan merah ini yang pertama kali dan ini kita harapkan dapat memberikan nilai tambah yang baik bagi para petani sawit, utamanya yang sudah dalam bentuk koperasi. Jadi harga TBS [tandan buah segar] tidak naik dan turun, karena di sini semuanya diolah menjadi barang jadi, yaitu minyak makan merah.

Yang saya senang, yang pertama, harga minyak makan merah ini lebih murah dari minyak goreng yang ada di pasaran. Artinya, barang ini bisa bersaing di pasar, bisa bersaing dan harganya kompetitif.

Yang kedua, yang saya senang juga vitaminnya tidak hilang. Di sini Vitamin A, Vitamin E, dan nutrilon-nutrilon yang lain itu masih berada di minyak yang dipakai untuk menggoreng apapun. Ini sudah dicoba oleh beberapa chef dan mereka menyampaikan, “Pak, minyak makan merah ini beda, lebih enak, dan dicek gizinya lebih baik.” Jadi yang hadir di sini, pakai. Saya nanti mau beli, mau nyoba juga.

Jadi semuanya kalau beli, artinya pemasarannya tidak usah kemana-mana, karena ini kapasitasnya bisa 10 ton CPO setiap hari dan bisa menghasilkan minyak makan merahnya kurang lebih 7 ton, bukan jumlah yang sedikit, jumlah yang banyak. Artinya, memang harus banyak yang beli, ada yang beli, sehingga kita harapkan ini akan, sekali lagi, memberikan nilai tambah yang baik.

Yang ketiga, yang terakhir, inilah yang namanya hilirisasi. Jangan jual TBS, jangan jual CPO, kalau bisa jadikan barang-barang jadi seperti ini, ini bagus sekali.

Saya rasa itu yang ingin saya sampaikan dalam kesempatan yang baik ini. Dan, dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada pagi-siang hari ini saya resmikan Pabrik Minyak Makan Merah Pagar Merbau di Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatra Utara.

Terima kasih.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

Sambutan Terbaru