Peresmian Papua Youth Creative Hub (PYCH), di Kota Jayapura, Provinsi Papua, 21 Maret 2023

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 21 Maret 2023
Kategori: Keterangan Pers
Dibaca: 880 Kali

Keterangan Pers Presiden Joko Widodo usai Peresmian Papua Youth Creative Hub (PYCH) di Kota Jayapura, Provinsi Papua, 21 Maret 2023

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Bicara apa adanya ya, apa yang kita lihat di sini betul-betul sangat-sangat bagus sekali. Mulai dari yang berkaitan dengan peternakan, kemudian perikanan, kemudian industri-industri kreatifnya, kemudian ada yang membangun aplikasi platform, kemudian ada fesyen, ada musik, ada fotografi, ada semuanya, di sini ada semuanya. Ini akan memberikan kesempatan, memberikan peluang kepada anak-anak muda Papua untuk bisa meningkatkan, mengembangkan kualitas SDM-nya.

Oleh sebab itu, tadi saya perintah agar ini tidak hanya di Papua saja, tapi dibuat juga di NTT, di Maluku, di Aceh. Mungkin dengan sedikit modifikasi, disesuaikan dengan keinginan-keinginan anak muda yang ada di provinsi-provinsi itu.

Wartawan
Anggarannya kan butuh besar sekali?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Gimana?

Wartawan
Ini kan nanti besar, Pak. Nanti yang di provinsi lain…

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Tidak ada masalah. Anggaran itu akan menjadi bermanfaat kalau memang barang-barang yang ada itu dimanfaatkan. Tidak ada  masalah. Ini bukan masalah anggaran. Ini karena kita melihat sesuatu yang bagus, yang direspons oleh anak-anak muda dengan sangat cepat, sangat baik, kenapa enggak kita copy ke provinsi yang lain.

Wartawan
Pak Presiden, kan ada ribuan produk yang tadi sudah dipamerkan di sini apakah bisa di-connecting untuk pemasarannya yang menjadi masalah utama?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Tadi kan sudah diajari packaging, membuat branding, mendiferensiasi sebuah produk. Ini sudah seminggu-dua minggu ini sudah masuk ke platform-platform nasional, masuk ke Bangga Buatan Indonesia, masuk ke Shopee, masuk ke Tokopedia. Artinya nanti ini sudah lintas, sudah lintas provinsi. Produk yang di sini asal packaging-nya baik, kualitas barangnya baik, ada branding-nya baik, ya akan sangat diminati oleh siapa pun, bukan hanya masyarakat di tanah Papua tapi di luar Provinsi Papua juga akan bisa. Sekarang sangat mudah seperti itu  dan tanpa ongkos kirim, tanpa ongkir. Ya, sudah.

Wartawan
Pak, terkait dengan satu, pak. Terkait dengan nasib pilot Selandia Baru sampai saat ini, yang pilot yang disandera, bagaimana perhatian dari pemerintah sendiri, Pak?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Tadi malam kita rapat internal, salah satunya membahas itu. Yang paling penting, dengan penuh kehati-hatian agar tetap keselamatan menjadi yang utama.

Wartawan
Pak, permintaan dari pilot-pilot untuk keamanan udara, karena rata-rata yang melayani rute gunung ini pada tertangkap…

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Ya, tadi malam sudah kita bicarakan mengenai itu. Nanti ditanyakan ke Kapolri atau ke Panglima, ya.

Wartawan
Terima kasih, Pak.

Keterangan Pers Terbaru