Peresmian Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terapung Cirata 192 MWp, di Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat, 9 November 2023

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 9 November 2023
Kategori: Keterangan Pers
Dibaca: 1.968 Kali

Keterangan Pers Presiden Joko Widodo usai Peresmian Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terapung Cirata 192 MWp, 9 November 2023

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Akhirnya kita memiliki PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) 192 megawatt, yang ini merupakan pembangkit listrik tenaga surya yang floating, yang terbesar di Asia Tenggara. Saya kira setelah memulai ini, nanti, tadi saya sudah sudah berbicara juga dengan Menteri Dr, Thani dari UAE bahwa ini akan ditingkatkan lagi, mungkin di angka kurang lebih 500 megawatt. Dan, kita harapkan akan semakin banyak energi baru terbarukan yang dibangun di negara kita Indonesia, baik itu tenaga surya, hydropower, kemudian geotermal, kemudian tenaga angin. Saya kira kalau terus secara konsisten kita laksanakan seperti ini akan sangat baik.

Wartawan
Bapak, selain Arab Saudi mungkin ada investor lain, Pak, yang tertarik untuk EBT, ada investor enggak?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Kalau yang ngantri banyak, tetapi kita inginkan satu-satu. Satu-satu selesai bisa ditingkatkan lagi, tidak semua kita terima. Tapi kita yang kedua ini mungkin yang agak gede lagi yang hydropower, tapi memang belum final.

Wartawan
Pak, ini dialiri ke mana saja, Pak? Khusus di Jakarta saja, di Jawa Barat, atau sampai ke Bandung?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Ya, sementara karena masih kecil ya di sekitar Cirata terlebih dahulu.

Wartawan
Pak, menambah bauran energi baru terbarukan di Indonesia berapa persen sih dari PLTS Cirata ini?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Ya kalau target kita kan tahun depan harusnya itu sudah 23 persen, tetapi memang tidak mudah karena kemarin ada COVID-19 sehingga mengejar angka itu. Tetapi komitmen kita tetap bahwa kita akan terus mengejar target yang sudah kita berikan.

Wartawan
Pak, selanjutnya di proyek mana, apa ada di Sumatra dan di daerah-daerah lain?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Semuanya masih dalam proses studi, belum final, jadi saya enggak mau bicara. Tapi yang paling gede, nanti yang hydropower.

Wartawan
Ini untuk rumah tangga juga atau untuk pabrik, atau untuk semuanya, atau gimana?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Semuanya, semuanya, semuanya, tapi memang permintaan untuk yang green energy untuk industri itu yang paling banyak, karena semuanya pengin mendapatkan produk-produk premium dari green energy.

Keterangan Pers Terbaru