Peresmian Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Tahun 2020, 30 Januari 2020, di Graha Widya Bhakti Kawasan Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspitek), Serpong, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 30 Januari 2020
Kategori: Keterangan Pers
Dibaca: 145 Kali

Wartawan
Bapak izin, Jepang dan Amerika sudah berhasil mengevakuasi warga mereka dari Wuhan, bagaimana dengan Indonesia, Pak?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Ya kan sudah kemarin saya sampaikan bahwa kita memiliki opsi untuk evakuasi tetapi itu kan ada prosedur semuanya. Dan tadi saya sudah sampaikan, pagi tadi kepada Menlu untuk mulai menjajaki mengenai itu. Tetapi juga tahapan-tahapannya baru sore ini kita lakukan.

Kalau yang namanya evakuasi masuknya nanti seperti apa kemudian setelah dibawa ke sini apakah ada karantina dalam jumlah banyak itu di mana, ini yang, ini hal-hal seperti ini jangan dianggap gampang. Harus disiapkan betul karena ini menyangkut, sekali lagi, menyangkut virus, ya. Sore ini baru kita akan putuskan.

Wartawan
Tapi rencananya apakah akan melibatkan TNI Pak untuk proses evakuasi?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Ya memang yang paling siap menurut saya memang dari TNI, yang berhubungan dengan kesehatan. Saya kira kan, kita kan ada misalnya tim RSPAD itu memang itu jauh lebih siap lah dan mereka sudah menyatakan sudah siap, tinggal nanti keputusan yang… kita lakukan setelah rapat.

Wartawan
Diputuskan di Ratas atau gimana? Lewat Ratas?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Ya nanti ada, enggak (Ratas), rapat internal saja, bukan Ratas, rapat internal, ya. Sudah.

Wartawan
Pak, ini kan ada 100 hari kerja pemerintahan Bapak dan Pak Ma’ruf Amin? Ada yang ingin disampaikan, Pak?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Oh ya, tapi kan saya sudah menyampaikan sejak awal, tidak ada 100 hari karena ini keberlanjutan dari periode pertama ke kedua. Ini terus ini, enggak ada harus ini berhenti terus ini mulai lagi, kan enggak seperti itu.

Wartawan
Target capaian ke depan seperti apa?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Ya tanyakan, coba ditanyakan ke menteri-menteri, sudah saya beri KPI (Key Performance Indicator) sendiri-sendiri, yang jelas, yang konkret-konkret, jelas angka-angkanya, jelas semuanya. Tanyakan langsung ke menteri-menteri. Jadi semuanya memang harus berada pada posisi speed yang tinggi karena kita memiliki target yang kita arah, yang kita tuju, ya.

Wartawan
Eksekusi langsung hari ini Pak ya? Jadi (evakuasi) sudah pasti tinggal tunggu pentahapannya atau bagaimana, Pak?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Bukan, bukan, kok evakuasi sudah pasti. Baru ini nanti rapat internal. Tapi kesiapan kita, tadi yang saya sampaikan kan, tim TNI di bidang kesehatan sudah siap. Artinya, ini kita tinggal memutuskan tapi juga melihat di sana. Ini bukan negara kita lo, bukan di negara kita. Ini di negara orang lain yang memiliki regulasi, memiliki aturan-aturan yang ada, ya.

Wartawan
Terima kasih, Pak.

Keterangan Pers Terbaru