Peresmian Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) III Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Tahun 2021, 15 Januari 2021, dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 15 Januari 2021
Kategori: Sambutan
Dibaca: 548 Kali

Bismillahirrahmanirrahim.
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Yang saya hormati para Menko, para Menteri Kabinet Indonesia Maju;
Yang saya hormati para Gubernur, Wakil Gubernur yang hadir;
Yang saya hormati Ketua Dewan Penasihat Majelis Nasional KAHMI;
Yang saya hormati seluruh jajaran Dewan Etik dan Dewan Pakar Majelis Nasional KAHMI;
Yang saya hormati Koordinator Presidium Majelis Nasional KAHMI Bapak Viva Yoga Mauladi, beserta seluruh anggota Presidium;
Yang saya hormati Majelis Wilayah dan Majelis Daerah KAHMI se-Indonesia;
Hadirin dan Undangan yang berbahagia.

Pertama-tama, saya ingin menyampaikan rasa kagum saya pada KAHMI, kadernya ada di mana-mana. Menjadi pengusaha sukses, banyak. Ada di birokrasi, ada. Di partai politik, banyak. Di lembaga negara, juga banyak. Dan dipercaya mengisi banyak tugas-tugas strategis termasuk di jajaran Kabinet Indonesia Maju. Ada Prof. Mahfud MD, ada Prof. Muhadjir Effendy, ada Pak Zainudin Amali, ada Pak Syahrul Yasin Limpo, ada Pak Sofyan Djalil, ada Pak Suharso Monoarfa, ada adinda Bahlil Lahadalia, dan yang lain-lain, yang mungkin saya tidak ingat satu per satu.

Kepercayaan besar yang diemban KAHMI ini tentu saja diikuti oleh harapan besar terhadap KAHMI. Harapan berkontribusi besar dalam menghadapi pandemi sekarang ini, berkontribusi besar untuk mengembangkan inovasi bagi kemajuan Indonesia, serta tampil terdepan dalam memperjuangkan Islam washatiyah dan penanaman nilai-nilai Pancasila.

Bapak-Ibu peserta Rakornas yang saya hormati,
Dalam sepuluh bulan terakhir, Pemerintah telah berikhtiar, telah berusaha untuk mengatasi pandemi COVID-19 dengan langkah-langkah yang extraordinary. Menangani bidang kesehatan, memberikan perlindungan sosial bagi kelompok masyarakat yang rentan dan miskin, dan memberikan dukungan bagi UMKM dan dunia usaha agar mampu bertahan, tidak ada PHK, dan bisa bergerak kembali.

Tentu saja kita bukan hanya ingin keluar dari krisis, tetapi ingin melakukan banyak lompatan walaupun dalam kondisi krisis. Kita memperbaiki ekosistem perekonomian nasional melalui Undang-Undang Cipta Kerja, melalui reformasi birokrasi dan kepastian hukum, melalui penguatan pembiayaan pembangunan, antara lain dengan dibentuknya Indonesia Investment Authority (INA). Ini adalah sebuah sovereign wealth fund (SWF) yang semua negara memiliki dan kita baru saja memiliki ini. Dan berbagai inovasi-inovasi lainnya.

Dengan berbagai upaya ini dan dukungan dari seluruh komponen bangsa, kita berharap peluang kerja bisa diciptakan sebanyak-banyaknya, pengembangan usaha bisa tumbuh subur, dan UMKM bisa naik kelas. Dan tentu saja kemiskinan bisa dientaskan dan pemerataan pembangunan bisa kita tingkatkan.

Saya tahu bahwa kader KAHMI yang tersebar di banyak profesi, di birokrasi, di partai politik, di lembaga-lembaga negara, di korporasi, di lembaga swadaya masyarakat, dan media juga banyak yang menjadi pengusaha yang sukses. Sebagai salah satu kekuatan strategis bangsa, saya mengharapkan peran besar KAHMI dalam berbagai bidang. Terima kasih atas peran KAHMI dalam memperkuat pilar-pilar kebangsaan yang menempatkan keislaman dan keindonesiaan yang saling melengkapi dan meneguhkan, yang mengokohkan kesatuan Indonesia yang majemuk, yang mendukung inovasi dan kemajuan Indonesia ke depan.

Peran KAHMI dalam modernisasi dan moderasi dalam beragama telah dicatat dalam sejarah. Di tahun 1960-an, KAHMI telah berperan sentral dalam pembaharuan kehidupan beragama dan berbangsa yang menjadi jangkar kemajuan dakwah Islam yang rahmatan lil‘alamin. Peran sentral ini yang kita harapkan harus terus diprioritaskan dalam kiprah KAHMI ke depan.

Bapak-Ibu peserta Rakornas yang saya hormati,
Saya juga mengharapkan KAHMI berkontribusi besar dalam mengembangkan terobosan-terobosan di berbagai bidang, utamanya dalam pengembangan SDM, dalam pengembangan inovasi, ilmu pengetahuan dan teknologi, dan pengembangan kewirausahaan terutama di kalangan generasi muda.

Saya menyambut baik inisiatif KAHMI untuk mendirikan universitas, Universitas Insan Cita Indonesia (UICI) yang izinnya baru saja terbit. Lembaga pendidikan yang dirancang berbasis digital dengan program studi yang inovatif, seperti program studi sains data (dan) bisnis digital. Ini akan memperkaya inovasi pendidikan tinggi kita. Inovasi-inovasi seperti ini yang harus banyak dilakukan agar kita mampu memenangkan kompetisi global yang semakin ketat dan semakin sengit.

Sebagai penutup, saya tegaskan kembali bahwa dengan dukungan keislaman untuk keindonesiaan dengan modernisasi dan moderasi, dengan kerja keras, penguasaan IPTEK, dan inovasi, saya meyakini, insyaallah, Indonesia Maju bisa cepat kita raih. Saya yakin usaha sampai.

Itu saja yang ingin saya sampaikan dalam kesempatan yang baik ini. Dan dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, memohon rahmat Allah Swt. pada siang hari ini, Rapat Koordinasi Nasional III Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam Tahun 2021 ini saya nyatakan dibuka.

Terima kasih.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Sambutan Terbaru