Peresmian Pembukaan UMKM Export BRIlianPreneur 2019, 20 Desember 2019, di Assembly Hall Jakarta Convention Centre, Senayan, Jakarta Pusat, Provinsi DKI Jakarta

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 20 Desember 2019
Kategori: Sambutan
Dibaca: 93 Kali

Bismillahirrahmanirrahim.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Selamat pagi,
Salam sejahtera bagi kita semuanya,

Yang saya hormati Para Menteri, Pimpinan DPR, Ketua OJK, Dirut Bank BRI, Bapak-Ibu sekalian seluruh pelaku UMKM yang hadir.

Enggak tahu ya, pagi hari ini saya senang sekali, merasa bahagia sekali. Baru masuk tadi ditunjukkan produk-produk yang dihasilkan oleh UMKM kita. Ada fesyen, saya lihat desainnya enggak kayak dulu, jadul-jadul gitu. Sekarang sudah sangat passion sekali, penggunaan bahan alam. Kemudian saya lihat yang produk-produk makanan, kemasannya packaging-nya betul-betul didesain dengan sangat baik. Artinya, memang yang masuk di sini kelihatannya itu dipilih memang yang barang-barang, produk-produk yang sangat baik. Produk-produk handicraft juga sama, desain, penggunaan warna, semuanya.

Ini tinggal, menurut saya, bagaimana menaikkan/meningkatkan kapasitas agar bisa ekspor lebih banyak dan lebih besar lagi.

Kita tahu pasar domestik kita besar, dan saya tidak mau pasar kita ini dibanjiri oleh produk-produk impor, tidak mau. Tapi memang bukan hal yang mudah karena dalam ekonomi terbuka seperti ini tidak bisa kita menutup diri, enggak bisa. “Tutup, enggak boleh impor,” enggak bisa. Caranya hanya satu, bagaimana kita bisa berkompetisi dengan mereka, dengan produk-produk impor itu: entah dari sisi harga, entah dari sisi desain, entah dari sisi kemasan, harus menang.

Artinya apa? Jangan sampai kita meninggalkan pasar domestik, terlalu konsentrasi ke ekspor sehingga yang di dalam negeri justru diserbu oleh barang-barang dari luar. Pasar di dalam negeri dikuasai tetapi setelah itu masuk ke pasar global dalam rangka menaikkan devisa kita.

Ini saya omong apa adanya. Jadi kontribusi dalam ekspor ini masih didominasi oleh usaha-usaha besar. Tapi enggak perlu berkecil hati, setelah saya masuk tadi saya optimis nanti akan kebalik. Jadi angkanya, ekspor usaha besar angkanya ini masih 85,6 persen, ekspor kita ini didominasi oleh perusahaan-perusahaan besar yang ada di kita, juga enggak apa-apa. Artinya apa? Empat belas persen itu oleh kontribusi usaha menengah, usaha kecil, dan usaha mikro.

Tapi melihat produk-produk yang tadi dipamerkan, saya optimis tidak lama lagi barang-barang ini akan membanjiri pasar ekspor. Kalau kita konsolidasikan pasarnya dengan baik, standar produknya juga dibangun dengan baik, sehingga betul-betul kita mampu bersaing dengan negara-negara lain.

Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan pada kesempatan yang baik ini. Dan dengan mengucap bismillahirahmanirrahim UMKM Export BRIlianPreneur 2019 saya nyatakan resmi dibuka.

Terima kasih.
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Sambutan Terbaru