Peresmian Penataan dan Pengembangan Pelabuhan Sibolga, 17 Maret 2019, di Pelabuhan Sambas, Kota Sibolga, Provinsi Sumatra Utara

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 17 Maret 2019
Kategori: Transkrip Pidato
Dibaca: 2.715 Kali

Bismillahirrahmanirrahim.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Selamat pagi,
Salam sejahtera bagi kita semuanya,
Shalom.

Yang saya hormati para Menteri Kabinet Kerja yang hadir,
Yang saya hormati Bapak Gubernur Provinsi Sumatra Utara, Pak Wali Kota beserta seluruh Bupati yang hadir,
Yang saya hormati tokoh Sibolga Bapak Ir. Akbar Tanjung, Pak Dirut Pelindo,
Bapak-Ibu sekalian seluruh tokoh agama, tokoh masyarakat yang hadir pada acara pagi hari ini.

Saya ingat, saat 2016 saya berkunjung ke Sibolga, jalan dari Pinangsori sampai ke Sibolga itu kayak, kayak apa ya, berlubang-lubang banyak sekali. Kemudian saya perintahkan kepada Menteri PU saat itu, tolong dikerjakan, jangan lama-lama setahun selesaikan. Saya tadi dari Pinangsori sampai ke sini kok mulus gitu. Alhamdulillah.

Yang kedua, tadi baru turun di airport, sudah dibisiki Pak Bupati Tapanuli Tengah, “Pak runway-nya diperpanjang Pak”. Sampai di sini lagi dibisiki lagi sama Pak Wali Kota, “Pak, runway-nya airport itu diperpanjang, Pak, biar pesawat yang lebih besar bisa semakin banyak yang hadir di kawasan ini.”  Ini mumpung pas ada Menteri Perhubungan saya perintahkan sekalian, diperpanjang airport-nya, runway-nya. Sekarang sehari berapa kali sih? Dari Jakarta satu kali. Yang di luar Jakarta? Ada yang dua kali, ada yang tiga kali. Kita harapkan nanti setiap hari bisa lebih dari tujuh, itu sudah bagus sekali, ekonomi akan berkembang di sini.

Yang ketiga, yang berkaitan dengan pelabuhan ini. Pelabuhan Sibolga ini kalau kita ingat yang namanya waktu kita SD, ini sangat terkenal sekali Pelabuhan Sibolga. Semua anak SD saat itu tahun ‘70-an mengerti semuanya. Nah, inilah yang ingin kita bangkitkan fungsi pelabuhan untuk mobilitas barang dan jasa ini bisa berangkat lagi dari Pelabuhan Sibolga.

Oleh sebab itu, saya menyambut baik selesainya penataan dan pengembangan Pelabuhan Sibolga ini. Kita tambah fasilitasnya, bisa mengakomodir peningkatan jalur logistik, barang dan jasa, kapasitas container yard-nya sekarang mencapai 20.000 TEUs per tahun, meningkat sangat drastis sekali. Ukuran kapalnya dulu hanya sampai dua ribu GT sekarang bisa sampai ke enam ribu GT. Artinya, kapal besar sudah bisa bersandar di sini, enam ribu GT.

Terminal penumpangnya dulu hanya delapan puluh orang, sekarang bisa menampung lima ratus orang. Alhamdulillah. Ini tadi saya dibisiki Pak Dirut Pelindo, katanya desain pelabuhan di Sibolga ini menang sebagai desain pelabuhan terbaik di Asia Pasifik. Dan tempat antara kapal feri dan kargonya terpisah sehingga bisa lebih efisien.

Saya juga sangat menghargai kecepatan pengembangan Pelabuhan Sibolga ini, sangat cepat pengerjaannya. Saya hadir groundbreaking di 2016 dan sekarang selesai. Dan saatnya sekarang ini kita bekerja agar makin banyak barang dan jasa yang menggunakan Pelabuhan Sibolga ini. Infrastruktur siap, kita harus mendorong terus agar ekonomi ini di Sibolga dan sekitarnya ini menjadi berkembang lagi.

Kita juga akan mengembangkan lagi nanti lewat sedikit reklamasi di sebelah sana yang akan kita pakai untuk terminal, untuk storage bagi CPO. Jadi CPO yang dari Sibolga ini tidak usah lewat darat sampai sepuluh jam untuk menuju ke Belawan, langsung dari sini bisa. Harapan kita itu.

Saya rasa itu yang penting yang bisa saya sampaikan pada kesempatan yang baik hari ini. Dan dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, saya resmikan Penataan dan Pengembangan Pelabuhan Sibolga pada pagi hari ini.

Terima kasih.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Transkrip Pidato Terbaru