Peresmian Pengoperasian (Kereta Api) KA Lintas Makassar-Parepare Antar Maros-Barru dan Depo KA Maros, di Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan, 29 Maret 2023

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 29 Maret 2023
Kategori: Sambutan
Dibaca: 1.006 Kali

Sambutan Presiden Joko Widodo pada Peresmian Pengoperasian Kereta Api (KA) Lintas Makassar-Parepare Antar Maros-Barru dan Depo KA Maros, 29 Maret 2023

Bismillahirrahmanirrahim.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Selamat siang,
Salam sejahtera bagi kita semuanya.

Bapak Ibu sekalian yang saya hormati,
Hampir di semua pulau besar, kemudian di kota-kota, utamanya ibu kota, kita ini terlambat dalam membangun transportasi publik, transportasi massal, utamanya terlambat, padahal itu hal yang sangat basic untuk menghubungkan antarprovinsi, antarkota dan kabupaten. Tentu saja yang kita pilih adalah yang paling murah. Oleh sebab itu, kereta api menjadi hal yang sangat dasar untuk dibangun.

Pada saat saya perintah, sudah kita fokus dulu apakah di Kalimantan atau di Sulawesi, diputuskan di Sulawesi. Karena kalau tidak, semua orang nanti naik mobil pribadi, tidak ada yang mau menggunakan transportasi massal. Akhirnya seperti yang sekarang kita lihat karena keterlambatan membangun transportasi massal, baik untuk penumpang maupun untuk barang. Semua berbondong-bondong menggunakan kendaraan pribadi akhirnya macet di semua kota sekarang ini, tidak hanya di Jakarta. Jakarta, Bandung, Medan, Surabaya, Semarang, di Makassar sudah macet semuanya, karena kita terlambat membangun transportasi publik.

Di Jakarta terlambat 30 tahun kira-kira. Meskipun sekarang sudah ada MRT, tapi baru satu jalur. Ada LRT, tapi juga belum jalan. Sehingga, Bapak-Ibu kalau di Jakarta pagi macet, siang macet, sore macet, malam macet sekarang ini, karena keterlambatan dalam membangun itu.

Oleh sebab itu, saya sangat senang dan menghargai apa yang sudah kita mulai ini, jalur kereta api Trans Sulawesi, yang nantinya insyallah akan sambung-menyambung dari Makassar sampai ke utara di Sulawesi Utara di Manado. Meskipun, sekarang ini baru dari Makassar sampai Parepare.

Dan, yang sekarang yang ingin kita resmikan ini jalur dari Maros ke Barru. Jadi ini Makassar nanti kemudian ke sana, ke Parepare. Ini kalau nanti betul-betul sudah keretanya banyak, ada untuk penumpang, ada untuk wisata, ada untuk barang, ini akan memberikan daya saing, competitiveness. Negara kita akan semakin baik. Karena barang diangkut dengan alat transportasi yang murah, bukan oleh yang lain-lainnya. Tapi, ini adalah pilihan yang bisa kita berikan kepada masyarakat, kepada pengusaha untuk menggunakan jalur yang telah kita bangun ini.

Saya rasa, itu yang ingin saya sampaikan. Dan, dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim pada siang hari ini saya resmikan pengoperasian jalur kereta api Makassar-Parepare Antar Maros-Barru dan Depo Kereta Api Maros.

Terima kasih
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Sambutan Terbaru