Peresmian Sea Labs Indonesia, di Gedung Pacific Century Place, SCBD, Provinsi DKI Jakarta, 1 Maret 2022

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 1 Maret 2022
Kategori: Sambutan
Dibaca: 1.107 Kali

Bismillahirrahmanirrahim.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Selamat pagi,
Salam sejahtera bagi kita semua.

Yang saya hormati para Menteri Kabinet Indonesia Maju;
Yang saya hormati Chairman dan CEO Sea Mister Forrest Li;
Yang saya hormati CEO Sea Bapak Ye Gang;
Yang saya hormati Director and Head Country for Sea Indonesia Ibu Kiki Hapsari, para talenta digital;
Hadirin dan undangan yang berbahagia.

Sudah berkali-kali saya sampaikan bahwa kita memiliki potensi yang besar dalam ekonomi digital. Potensi ekonomi digital Indonesia ini di tahun 2025 diperkirakan 146 miliar US Dollar dan kontribusi ekonomi digital Indonesia diproyeksikan naik 8 kali di tahun 2030, yaitu di angka Rp4.531 triliun. Ini sebuah angka yang sangat besar sekali. Dan, seluruh sektor digital juga mengalami pertumbuhan dua digit di tahun 2021.

Tapi yang saya tidak ingin adalah Indonesia hanya menjadi pasar saja. Indonesia juga harus menjadi pemain. Oleh sebab itu, ekosistem yang kondusif harus kita bangun bersama-sama dan digital talent kita yang kita miliki yang ada di luar memang harus kita undang untuk kembali ke tanah air, digital talent baik di bidang AI (artificial intelligence), di cloud computing, di digital design, di digital marketing, di blockchain. Saya kira banyak yang, anak-anak kita yang ada di luar, yang perlu kita undang untuk kembali ke tanah air dalam rangka membangun sistem digital kita agar lebih baik dan kondusif lagi.

Saya sangat menghargai apa yang telah dilakukan oleh Sea dan Sea Labs Indonesia, yang sudah banyak mengundang digital talent kita untuk kembali ke tanah air. Tadi saya dibisiki oleh Bapak Ye Gang, Ibu Kiki, sama Pak Forrest Li, tahun 2023 akan diundang kira-kira 1.000 yang bisa masuk ke, 1.000 orang yang bisa kembali ke Indonesia untuk masuk di Sea, maupun di Sea Labs Indonesia. Saya kira ini, saya harus mengatakan apa adanya, saya sangat menghargai upaya-upaya seperti ini.

Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan pada kesempatan yang baik ini. Kita harapkan bahwa perkembangan ekonomi digital ini bisa juga memicu pemasaran produk-produk UMKM yang seperti tadi saya lihat, dan memberikan kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi yang inklusif, yang merata, dan berkeadilan. Dan, dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, Sea Labs Indonesia pagi hari ini saya nyatakan.

Sambutan Terbaru