Peresmian Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Kali Dendeng di Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, 6 Desember 2023

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 6 Desember 2023
Kategori: Sambutan
Dibaca: 223 Kali

Sambutan Presiden Joko Widodo pada Peresmian Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Kali Dendeng di Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, 6 Desember 2023

Bismillahirrahmanirrahim.
Assalamuálaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Selamat siang,
Salam sejahtera bagi kita semuanya,
Shalom.

Yang saya hormati Menteri PUPR beserta Dirjen;
Yang saya hormati Gubernur NTT beserta Wali Kota Kupang dan seluruh jajaran;
Bapak-Ibu hadirin dan undangan yang berbahagia.

Di NTT, di musim kemarau selalu air menjadi persoalan besar, baik untuk kepentingan rumah tangga maupun untuk kepentingan pertanian. Dan hari ini kita akan membuka SPAM/Sistem Penyediaan Air Minum Kali Dendeng di Kota Kupang. Ini akan bisa dipakai untuk 15 ribu sambungan rumah tangga, tetapi baru terpakai kurang lebih tiga ribu sambungan rumah tangga. Artinya, masih ada sisa yang sangat besar sekali.

Oleh sebab itu, saya minta ke Pak Menteri PU agar sambungan ke rumah tangga ini segera dibantu dari pemerintah pusat untuk segera diselesaikan. Harusnya ini tanggung jawab daerah, tanggung jawab kota, tanggung jawab provinsi, dan tanggung jawab PDAM, tetapi untuk NTT ini akan kita bantu dari pemerintah pusat. Untuk Kupang, akan kita bantu dari pemerintah pusat.

Ini dibangun sejak 2020, menghabiskan anggaran Rp173 miliar. Ini angka besar loh, tidak ada tepuk tangan, Rp173 miliar, sehingga ini akan memberikan kepastian bahwa untuk urusan air, utamanya air minum di Kota Kupang dan sekitarnya bisa disuplai dari SPAM Kali Dendeng.

Yang kedua, juga yang berkaitan dengan pertanian. Ada tujuh waduk yang sudah selesai dibangun dan akan segera selesai pada tahun 2024 nantinya. Ini juga akan memberikan efek yang luar biasa pada produksi, produktivitas pertanian sawah yang ada di NTT.

Saya rasa itu yang ingin saya sampaikan. Dan, dengan memohon berkah dan anugerah Tuhan Yang Maha Esa, pada siang hari ini saya resmikan Sistem Penyediaan Air Minum Kali Dendeng Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Terima kasih.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Semoga Tuhan memberkati kita semuanya.
Terima kasih.

Sambutan Terbaru