Peresmian Taman Kehati Sawerigading Wallacea, di Kabupaten Luwu Timur, Provinsi Sulawesi Selatan, 30 Maret 2023

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 30 Maret 2023
Kategori: Sambutan
Dibaca: 748 Kali

Sambutan Presiden Joko Widodo pada Peresmian Taman Kehati Sawerigading Wallacea, 30 Maret 2023

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Selamat siang,
Salam sejahtera bagi kita semuanya.

Bapak-Ibu sekalian yang saya hormati,
Saya menyambut baik kerja sama tadi yang sudah ditandatangani oleh empat negara. Ada Indonesia –karena MIND ID ini adalah juga pemegang saham di PT Vale–, kemudian PT Vale berarti ada negara Brasil di situ, sekarang ditambah oleh negara Tiongkok dan juga Amerika Serikat. Jadi, di Kabupaten Luwu Timur, Provinsi Sulawesi Selatan, akan ada kerja sama empat negara yang ke depannya kita harapkan memberikan kontribusi kepada PDRB di provinsi, di kabupaten, dan memberikan efek kesejahteraan kepada masyarakat. Itu yang kita inginkan.

Karena yang bergabung tadi ini adalah perusahaan-perusahaan raksasa dari dunia. Di Amerika, Ford itu juga raksasanya mobil. Di Cina, Huayou itu juga raksasanya industri macam-macam. Sehingga kita harapkan efek ekonomi terhadap provinsi maupun terhadap negara kita, nanti akan memberikan pertumbuhan ekonomi yang lebih baik.

Kenapa mereka tertarik masuk ke Indonesia? Ini yang perlu kita ingat, bahwa cadangan nikel negara kita Indonesia adalah yang terbesar nomor satu di dunia, 25 persen cadangan nikel itu ada di negara kita. Itu kekuatan kita, dan kita tidak ingin nikel itu habis karena diekspor mentahan, bertahun-tahun. Oleh sebab itu, sejak 2020 saya stop, stop. Enggak boleh ekspor dalam bentuk mentahan lagi, tapi harus barang setengah jadi atau barang jadi.

Yang kedua, saya sangat menghargai upaya-upaya PT Vale yang setelah menambang itu langsung mereklamasi, merehabilitasi lahan yang telah ditambang. Tadi saya di lapangan sudah melihat bagaimana PT Vale memperbaiki lahan-lahan yang telah ditambang dengan sangat baik, sehingga tidak terjadi kerusakan lingkungan di Kabupaten Luwu Timur khususnya, dan umumnya di Provinsi Sulawesi Selatan. Saya juga cek tadi bagaimana PT Vale menyiapkan bibit-bibit untuk merehabilitasi, mereklamasi lahan-lahan bekas tambang, ini sangat bagus. Dan, ini akan saya perintahkan, segera saya perintahkan kepada seluruh perusahaan tambang di Indonesia mengopi/meniru apa yang telah dilakukan PT Vale.

Saya lihat semuanya tadi, bibit-bibitnya saya lihat, arboretumnya saya lihat. Kemudian, memberikan edukasi kepada anak-anak mengenai pentingnya lingkungan. Ini sangat penting sekali, karena sekali lagi, tambang ini bukan hanya akan kita nikmati tetapi harus juga dinikmati oleh anak cucu kita dalam mungkin bentuk yang lain.

Saya rasa, itu yang ingin saya sampaikan. Dan, dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim pada siang hari ini saya resmikan Taman Kehati Sawerigading Wallacea di Luwu Timur.

Terima kasih.
Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh.

Sambutan Terbaru