Peresmian Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak, di Kabupaten Mempawah, Provinsi Kalimantan Barat, 9 Agustus 2022

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 9 Agustus 2022
Kategori: Sambutan
Dibaca: 660 Kali

Bismillahirrahmanirrahim.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh, 
Selamat pagi 
Salam sejahtera bagi kita semua.

Yang saya hormati para Menteri Kabinet Indonesia Maju;
Yang saya hormati pimpinan DPR RI;
Yang saya hormati Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Barat, Ibu Bupati Kabupaten Mempawah, para direktur utama dan komisaris BUMN yang hadir; Bapak Ibu sekalian yang saya hormati.

Alhamdulillahirabbil’alamin, puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah Swt. Hari ini Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak yang sudah dimulai pembangunannya tahun 2016, hari ini telah selesai. Pelabuhan ini akan memperkuat competitiveness (daya saing) dari produk-produk unggulan yang dihasilkan oleh Provinsi Kalimantan Barat. Karena di sini memiliki kekuatan besar crude palm oil, alumina, bauksit, dan produk-produk lainnya. Pelabuhan ini memiliki kapasitas 500 ribu TEUS dan juga 8 juta yang nonpetikemas, sangat besar sekali. Ini adalah pelabuhan terbesar di Pulau Kalimantan.

Saya tadi tanya Pak Dirut Pelindo, “Habis berapa ini, Pak, gede banget seperti ini? Rp2,9 triliun. Jadi jangan sampai investasi yang besar seperti itu tidak bisa memperkuat daya saing dan tidak bisa memperbaiki konektivitas antarpelabuhan, antarpulau dan antarnegara. 

Yang kedua, saya juga ingin dari pelabuhan ini ke Pontianak jalannya diperlebar. Ini Pak Menteri PU hadir, diselesaikan sekalian sehingga perjalanan kontainer maupun yang nonpetikemas semuanya bisa lancar dan tujuan akhir kita memperkuat daya saing itu betul-betul bisa kita lakukan.

Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan pada kesempatan yang baik ini. Dan dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pagi hari ini saya resmikan Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak, Kabupaten Mempawah, Provinsi Kalimantan Barat.

Nama pelabuhan ini diubah atau berbeda, silakan diajukan kepada pemerintah pusat, ke Presiden. Saya kira seluruh aspirasi yang ada akan kita tampung. Tapi pada hari ini, tadi telah kita resmikan.

Terima kasih

Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh

Sambutan Terbaru