Peresmian Terminal Leuwipanjang dan Terminal Banjar di Terminal Leuwipanjang, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, 3 Februari 2024

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 3 Februari 2024
Kategori: Sambutan
Dibaca: 403 Kali

Sambutan Presiden Joko Widodo pada Peresmian Terminal Leuwipanjang dan Terminal Banjar, 3 Februari 2024

Bismillahirrahmanirrahim
Assalamua’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Selamat siang,
Salam sejahtera bagi kita semuanya.

Yang saya hormati Menteri Perhubungan, Pj. Gubernur Jawa Barat, Wali Kota Bandung dan Wali Kota Banjar, para pimpinan BUMN dan BUMD;
Yang saya hormati pimpinan DPR RI Komisi V yang juga hadir;
Bapak-Ibu sekalian dan hadirin sekalian yang berbahagia.

Terminal bus selalu dari dulu dikesankan dan kenyataannya yang ada di lapangan kumuh, tidak rapi, kotor, banyak premannya, itu persepsi. Dan, kalau kita lihat pada hari ini Terminal Leuwipanjang di Kota Bandung yang dibangun menghabiskan anggaran Rp70 miliar, keren banget. Ini untuk mendorong masyarakat agar menggunakan, kembali menggunakan transportasi umum, berbondong-bondong lagi tidak menggunakan kendaraan pribadi, tidak menggunakan mobil pribadi, kalau itu diterus-teruskan yang terjadi adalah kemacetan seperti yang sering kita alami dalam kehidupan sehari-hari kita. Dan, karena macet, saya berikan contoh saja di Jakarta dan Jabodetabek, setahun kita kehilangan hampir Rp100 triliun gara-gara macet. Saya enggak tahu perhitungan di Kota Bandung berapa, tapi sekali lagi, hampir di semua kota kemacetan itu sudah terasa semua.

Saya sangat menghargai pembangunan ini dan semoga nanti kita bisa mendorong masyarakat untuk kembali menggunakan transportasi umum baik itu bus, baik itu kereta api, baik itu kayak di Jakarta ada MRT, LRT, KRL, kereta cepat dan itu akan sangat, sangat mengurangi kemacetan yang ada di jalan yang kita miliki.

Saya rasa itu yang ingin saya sampaikan dalam kesempatan ini dan semoga Terminal Leuwipanjang dan Terminal Banjar di Provinsi Jawa Barat ini nanti bisa mempercepat mobilitas orang dari satu kota ke kota yang lain atau di dalam kota.

Saya rasa itu yang ingin saya sampaikan. Dan, dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada siang hari ini saya resmikan Terminal Leuwipanjang di Kota Bandung dan Terminal Banjar di Kota Banjar, Provinsi Jawa Barat.

Terima kasih,
Wassalamua’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Sambutan Terbaru