Peresmian Terminal Pakupatan Tipe A di Kota Serang, Provinsi Banten, 8 Januari 2024

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 8 Januari 2024
Kategori: Sambutan
Dibaca: 239 Kali

Sambutan Presiden Joko Widodo pada Peresmian Terminal Pakupatan Tipe A, 8 Januari 2024

Bismillahirrahmanirrahim.
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Selamat siang,
Salam sejahtera bagi kita semuanya.

Yang saya hormati para Menteri Kabinet Indonesia Maju, hadir bersama saya Pak Menteri Perhubungan, Pak Menteri PUPR, Bapak Menteri Perdagangan;
Yang saya hormati para tokoh agama, tokoh masyarakat yang hadir, Gubernur Provinsi Banten, Wali Kota Serang;
Yang saya hormati Pimpinan Komisi V DPR RI;
Bapak-Ibu sekalian yang saya hormati.

Kalau kita lihat sekarang ini hampir di semua kota, utamanya kota-kota yang ada di Jawa macet, ada yang macetnya sudah parah, ada yang macetnya sedang-sedang, ada juga yang macetnya baru mulai macet, tapi macet. Kenapa? Karena orang sekarang ini hampir semuanya begitu memiliki kekuatan ekonomi, finansial, langsung yang dibeli mobil, yang dibeli sepeda motor, semuanya menggunakan kendaraan pribadi dan meninggalkan transportasi umum, meninggalkan transportasi massal.

Oleh sebab itu, seperti di Jakarta terus kita dorong, kita kenalkan yang namanya MRT yang bawah tanah (subway), ada LRT yang juga baru saja selesai, ada juga kereta cepat, ada KRL, ada Transjakarta, semua itu untuk mendorong agar masyarakat  mau menggunakan transportasi umum dan meninggalkan transportasi pribadi. Di semua kota juga mestinya mulai berpikir ke arah sana, menggunakan transportasi massal, menggunakan transportasi umum.

Saya sangat senang sekali terminal di Pakupatan ini ramai, busnya tadi bisa berapa, Pak? Empat ratus bus setiap hari, ini sangat bagus. Kalau nantinya dengan terminal yang sangat indah dan sangat modern ini jumlah busnya tambah, jumlah penumpangnya tambah, menunjukkan bahwa pergerakan orang untuk menggunakan transportasi umum, transportasi massal itu akan semakin banyak. Itu yang kita harapkan. Dan, juga meninggalkan image bahwa yang namanya terminal itu tidak aman, terminal itu tempatnya preman. Ndak, harus dibalik, bahwa terminal itu adalah tempat yang nyaman, pelayanannya baik, dan juga mendorong usaha-usaha kecil, usaha-usaha menengah untuk juga bisa memperdagangkan produk-produknya di terminal yang kita miliki.

Saya rasa itu yang ingin saya sampaikan. Saya sangat menghargai Kementerian Perhubungan yang bekerja sama dengan pemda, pemerintah provinsi maupun pemerintah kota, sehingga Terminal Pakupatan ini terwujud bisa dibangun. Dan, dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada siang hari ini saya resmikan Terminal Pakupatan Kota Serang, Provinsi Banten.

Terima kasih.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Sambutan Terbaru