Peresmian Terminal Purworejo di Kabupaten Purworejo, Terminal Mendolo di Kabupaten Wonosobo, Terminal Purboyo di Kota Madiun, dan Terminal Patria di Kota Blitar, di Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah, 2 Januari 2024 

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 2 Januari 2024
Kategori: Sambutan
Dibaca: 379 Kali

Sambutan Presiden Joko Widodo pada Peresmian Terminal Purworejo di Kabupaten Purworejo, Terminal Mendolo di Kabupaten Wonosobo, Terminal Purboyo di Kota Madiun, dan Terminal Patria di Kota Blitar, 2 Januari 2024 

Bismillahirrahmanirrahim.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Selamat pagi,
Salam sejahtera bagi kita semuanya,
Yang saya hormati Menteri Perhubungan, Gubernur Jawa Tengah, Wakil Gubernur Jawa Timur, Bupati Purworejo, Bupati Wonosobo, Wali Kota Madiun, Wali Kota Kota Blitar, Bapak-Ibu sekalian hadirin undangan yang berbahagia.

Sekarang ini macet hampir ada di semua kota. Macet karena semua orang menggunakan kendaraan pribadi, mobil pribadi, sepeda motor yang sangat banyak, sehingga keluhan-keluhan itu harus dijawab. Kota kecil pun sekarang sudah macet, sehingga transportasi massal, transportasi umum harus terus didorong.

Kita tahu di Jakarta sudah ada MRT meskipun belum selesai, sudah ada LRT meskipun juga belum selesai, sudah ada KRL juga masih belum cukup, sudah ada kereta cepat membantu tapi juga baru sampai di Bandung. Inilah kerja pemerintah yang kejar-kejaran dengan kemacetan-kemacetan di semua kota. Tidak mudah, tetapi kita harus berani membangun sarana dan prasarana yang mendukung transportasi massal, yang mendukung transportasi umum.

Meskipun banyak pro dan kontra, misalnya pembangunan kereta cepat, tetapi antarkota di Jawa ini nanti pada suatu saat akan, kotanya akan sambung menjadi aglomerasi, yang mau tidak mau kalau transportasi massalnya tidak terbangun akan stuck, macet. Dan bisa terjadi kalau itu tidak kita bangun, misalnya di Jakarta, keluar dari rumah mau ke jalan sudah mentok macet.

Oleh sebab itu, saya sangat menghargai pembangunan terminal, empat terminal oleh Kementerian Perhubungan di Purworejo, di Wonosobo, di Madiun, di Blitar, karena ini akan memberikan dukungan sarana dan prasarana transportasi, meningkatkan konektivitas antarkota, antarkabupaten, antarprovinsi.

Mestinya yang namanya terminal bus itu ya seperti ini, tadi saya sudah lihat ke dalam. Kalau dulu yang namanya terminal bus image-nya adalah preman. Ini sudah harus, sudah hilang. Terminal bus adalah tempat pelayanan, juga memberikan dukungan kepada peningkatan ekonomi, UMKM, harus semuanya terlibat di dalamnya.

Dan saya minta ke Pak Menteri Perhubungan di kota-kota yang lain juga mulai dilihat, agar terminalnya yang bagus tidak hanya di Purworejo saja, tidak hanya di Wonosobo saja, tidak hanya di Blitar, tidak hanya di Madiun saja, tetapi semua di kota di seluruh Tanah Air ini terminalnya memiliki standar yang sama.

Saya rasa itu yang ingin saya sampaikan. Dan dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada pagi hari ini saya resmikan Terminal Purworejo di Kabupaten Purworejo Terminal Mendolo di Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah, serta Terminal Purboyo di Kota Madiun, dan Terminal Patria di Kota Blitar, Provinsi Jawa Timur.

Terima kasih.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Sambutan Terbaru