Peresmian Terminal Samarinda Seberang, di Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur, 28 Februari 2024

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 28 Februari 2024
Kategori: Sambutan
Dibaca: 167 Kali

Sambutan Presiden Joko Widodo pada Peresmian Terminal Samarinda Seberang, di Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur, 28 Februari 2024

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Selamat sore,
Salam sejahtera bagi kita semuanya.
Shalom.

Yang saya  hormati Ketua Wantimpres (Dewan Pertimbangan Presiden), Pimpinan dan Anggota DPR RI, para menteri yang hadir, Gubernur Kalimantan Timur, Wali Kota Samarinda, Bapak-Ibu para tokoh masyarakat;

Hadirin dan undangan yang berbahagia, masyarakat Kalimantan Timur khususnya Samarinda yang saya hormati, yang saya cintai.

Kalau kita lihat dari kota ke kota dimana pun sekarang ini macet, macet, termasuk saya lihat di Samarinda, termasuk saya lihat di Balikpapan, termasuk saya lihat di Banjarmasin. Oleh sebab itu, kita harus mendorong lagi transportasi massal, transportasi umum agar penggunaan kendaraan pribadi itu terus berkurang. Di Jakarta, kalau di Jakarta ini macetnya sudah bertahun-tahun. Kita sudah ada KRL, ada LRT, ada  MRT, ada kereta cepat, ada Transjakarta, itupun masih macet di semua titik.

Oleh sebab itu, kota-kota selain Jakarta harus mempersiapkan diri pentingnya transportasi umum, pentingnya transportasi massal. Dan, saya senang pada sore hari ini melihat pembangunan Terminal Samarinda Seberang di Kota Samarinda, tadi Pak Wali menyampaikan, “Dulunya ini kumuh sekali, Pak.” Ya, dimana-dimana terminal itu mesti kumuh, kotor, tidak tertata, banyak premannya, itu sudah di mana-mana.

Oleh sebab itu, harus dibalik sekarang. Saya lihat dan saya senang terminalnya bersih, terminalnya rapi, tertata, dan kita harapkan ini akan mendorong masyarakat untuk berbondong-bondong mulai menggunakan transportasi umum. Dari sini akan bisa ke Balikpapan, dari sini bisa ke Banjarmasin, saya kira akan sangat baik kalau menggunakan transportasi umum dan tidak menggunakan transportasi pribadi. Ini untuk, sekali lagi, mengurangi kemacetan di semua kota yang kita miliki.

Saya rasa itu yang ingin saya sampaikan. Dan, dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim pada sore hari ini saya resmikan Terminal Samarinda Seberang, Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur.

Terima kasih.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Sambutan Terbaru