Peresmian Terminal Tingkir, Terminal Paya Ilang, dan Terminal Anak Air, di Kota Salatiga, Provinsi Jawa Tengah, 13 Desember 2023

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 13 Desember 2023
Kategori: Sambutan
Dibaca: 160 Kali

Sambutan Presiden Joko Widodo pada Peresmian Terminal Tingkir, Terminal Paya Ilang, dan Terminal Anak Air, 13 Desember 2023

Bismillahirrahmanirrahim.
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Yang saya hormati Menteri Perhubungan, Panglima TNI, Wali Kota Salatiga, Bupati Aceh Tengah, Wali Kota Padang;
Bapak-Ibu sekalian hadirin dan undangan yang berbahagia.

Pembangunan sarana dan prasarana transportasi ini sangat penting untuk meningkatkan konektivitas antarkota antardaerah (AKDP) dan mendukung mobilitas masyarakat, meningkatkan kenyamanan pengguna transportasi darat. Sarana dan prasarana transportasi semakin dirasakan pentingnya, terutama saat terjadi lonjakan penumpang. Kalau pas enggak banyak penumpangnya enggak terasa, tapi begitu ada lonjakan penumpang akan terasa, seperti saat libur hari raya atau menjelang libur akhir tahun, seperti sekarang ini.

Dan, hari ini kita akan meresmikan tiga terminal angkutan darat; yang pertama Terminal Tipe A Tingkir di Kota Salatiga, Jawa Tengah, kemudian yang kedua Terminal Paya Ilang di Kabupaten Aceh Tengah Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, dan yang ketiga Terminal Anak Air di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat.

Biaya atau anggaran yang dikeluarkan untuk Terminal Tingkir Kota Salatiga sebesar Rp34,8 miliar dan ini akan melayani AKAP, AKDP sebanyak 235 bus per hari. Kemudian Terminal Paya Ilang di Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh dibangun dengan biaya Rp22 miliar melayani AKAP dan AKDP sebanyak 91 bus per hari. Dan, Terminal Anak Air di Kota Padang provinsi Sumatera Barat dibangun dengan dana Rp94,8 miliar rupiah melayani 119 per hari. Terminal-terminal ini kalau kita lihat sangat modern, dilengkapi dengan fasilitas yang nyaman, tidak hanya berfungsi untuk naik dan turunnya penumpang tetapi juga memiliki fungsi lain, seperti pusat kegiatan UMKM, pusat perbelanjaan, pusat kegiatan sosial dan lain-lainnya, yang bisa mengintegrasikan moda transportasi lainnya.

Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, dengan ini Terminal Tipe A Tingkir Salatiga, Terminal Paya Ilang di Aceh Tengah, dan Terminal Anak Air di Kota Padang secara resmi saya resmikan.

Terima kasih.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Sambutan Terbaru