Peresmian Tol JORR II Ruas Kunciran-Serpong,  6 Desember 2019, di Gerbang Tol Parigi, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 6 Desember 2019
Kategori: Sambutan
Dibaca: 83 Kali

Bismillahirrahmanirrahim.
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Bapak-Ibu sekalian yang saya hormati,
Sore hari ini, alhamdulillah pembangunan jalan tol Kunciran-Serpong sudah rampung dan segera bisa kita manfaatkan.

Banyak yang bertanya pada saya, “Pak Presiden, mengapa kita perlu membangun jalan tol ini?” Saya jawab, yang pertama, jalan tol ini akan mempercepat dan memperlancar konektivitas Banten ke Jakarta. Saya sering mendengar keluhan orang yang bolak-balik dari Banten-Jakarta, Jakarta-Banten. Katanya, “Pak, kita ini bisa tua di jalan karena macet.” Kerugiannya besar sekali, baik dari sisi waktu yang terbuang di jalan, yang menyebabkan daya saing kita akan semakin tergerus, serta, satu lagi, semakin banyak biaya yang kita keluarkan untuk biaya BBM. Padahal di era persaingan antarnegara yang semakin sengit, kecepatan akan sangat menentukan. Yang cepat akan mengalahkan yang lambat, yang lamban.

Kedua, dengan selesainya jalan tol Kunciran-Serpong ini, kawasan-kawasan industri yang ada di Jakarta dan di Banten akan semakin terintegrasi sehingga distribusi logistik akan lebih mudah, akan lebih lancar, terutama distribusi barang yang melalui Pelabuhan Merak. Jadi jalan tol akan menyambung antara sentra-sentra produksi dengan sentra-sentra distribusi. Semakin tersambung maka akan semakin efisien, yang artinya daya saing kita akan semakin baik dalam investasi maupun daya saing produk-produk kita akan semakin meningkat.

Yang ketiga, jalan tol ini akan bisa mempercepat gerak perekonomian Banten sebagai wilayah penyangga Ibu Kota Jakarta. Kejenuhan investasi di Jakarta bisa dilimpahkan ke Banten karena konektivitas Jakarta-Banten semakin tersambung dan dengan demikian ekonomi Banten bisa bergerak lebih cepat lagi. Ini perlu dicatat Pak Gub sama Bu Wali sehingga kita harapkan ekonomi Banten bisa bergerak lebih cepat dan menciptakan lapangan kerja yang lebih banyak lagi.

Saya rasa itu yang penting yang bisa saya sampaikan sore hari ini. Dan dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, saya resmikan jalan tol Kunciran-Serpong.

Terima kasih.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Sambutan Terbaru