Peresmian Tower A dan B Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Soedarso, di RSUD dr. Soedarso, Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat, 9 Agustus 2022

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 9 Agustus 2022
Kategori: Sambutan
Dibaca: 350 Kali

Bismillahirrahmanirrahim.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Selamat siang,
Salam sejahtera bagi kita semua.

Yang saya hormati Menteri Kesehatan beserta para menteri yang hadir;
Yang saya hormati Bapak Gubernur Provinsi Kalimantan Barat beserta Ibu dan Wali Kota Kota Pontianak;
Yang saya hormati para pejabat yang hadir;
Bapak-Ibu sekalian yang saya hormati.

Saya itu paling sedih kalau mendengar ada warga negara kita yang sakit kemudian perginya ke luar negeri, ke Malaysia, ke Singapura, ada yang ke Jepang, ada yang ke Amerika, dan khusus untuk Kalimantan Barat saya mendengar banyak sekali yang ke Kuching.

Berapa capital outflow kita, uang yang keluar untuk membiayai yang sakit dan ke luar negeri? Lebih dari Rp110 triliun setiap tahunnya. Oleh sebab itu, pada saat Pak Gubernur menyampaikan kepada saya, “Pak, saya minta bantuan ke pemerintah pusat. Saya akan membangun gedungnya, kami minta bantuan dari Bapak nanti alkesnya,”

Saya jawab saat itu juga, “Bangun, alkesnya saya siapin.” Habis Rp205 miliar, alkesnya juga kurang lebih Rp200-an miliar. Ini yang namanya gotong-royong untuk menyelesaikan tadi uang yang harus keluar, karena tidak siapnya rumah sakit kita.

Tadi saya cek ada 277 tempat tidur, cek ruang operasi, cek ICU, semuanya saya lihat sudah super modern. Jadi saya ingatkan, enggak usahlah kita keluar, di sini sudah siap dan cukup untuk menangani kasus-kasus yang ada.

Kita banyak sekali belajar dari pandemi dua setengah tahun ini. Melihat bagaimana sistem kesehatan nasional kita, mana yang harus kita perbaiki, mana yang lamban yang harus dipercepat, sarana apa yang harus dibeli, semuanya menjadi kelihatan. Pada saat kita menderita memang jadi kelihatan semuanya. Pada saat kita krisis kesehatan karena pandemi, kelihatan semuanya. Mana yang enggak benar kelihatan, mana yang lamban kelihatan, mana yang kurang kelihatan. Inilah yang kita perbaiki.

Saya senang pada hari ini bisa melihat bangunan yang sangat megah ini dan saya sampaikan selamat kepada seluruh masyarakat Provinsi Kalimantan Barat. Dan dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada siang hari ini saya resmikan Tower A dan B Rumah Sakit Umum Daerah dr. Soedarso di Pontianak, Kalimantan Barat.

Terima kasih.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Sambutan Terbaru