Pernyataan Pers Bersama Presiden Republik Indonesia dan Presiden Republik Persatuan Tanzania, di Istana Kepresidenan Bogor, Provinsi Jawa Barat, 25 Januari 2024 

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 25 Januari 2024
Kategori: Keterangan Pers
Dibaca: 141 Kali

Yang Mulia Presiden Samia Suluhu Hassan dan delegasi,
Persahabatan Indonesia dan Tanzania semakin diperkuat hari ini dengan kunjungan Presiden Samia ke Indonesia, di mana kami telah sepakat untuk terus mengisi dengan kerja sama konkret di berbagai bidang.

Dan, tahun ini Indonesia akan menyelenggarakan Indonesia-Africa Forum yang kedua untuk memperkuat Kerja Sama Selatan-Selatan, di mana Tanzania menjadi salah satu mitra utamanya.

Dalam pertemuan tadi, kami telah membahas beberapa hal. Yang pertama, terkait perdagangan. Preferential Trade Agreement (PTA) akan dibentuk untuk meningkatkan perdagangan dan peluncuran negosiasinya dimulai tahun ini.

Yang kedua, terkait investasi. Komitmen kerja sama bidang migas terus diperkuat, dan Pertamina telah memperluas kerja sama di Mnazi Bay serta pelatihan pegawai TPDC (Tanzania Petroleum Development Corporation) juga sudah dimulai. Ke depan, Indonesia mengharapkan negosiasi antara [PT] Medco Energi untuk kerja sama LNG dan rencana investasi [PT] SSA (Sinka Sinye Agrotama) di bidang pupuk dapat segera terealisasi. Saya juga telah menyampaikan pentingnya pembentukan Bilateral Investment Treaty untuk perlindungan investasi dua negara.

Yang ketiga, terkait kerja sama pembangunan. Indonesia berkomitmen meningkatkan kerja sama revitalisasi Farmer’s Agriculture and Rural Training Center (FARTC) di Morogoro, pelatihan SDM bidang migas dan pertanian, dan penerapan National Single System.

Yang keempat, terkait kesehatan. Perusahaan farmasi Indonesia telah berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan medis di Tanzania, sehingga telah saya sampaikan pentingnya penjajakan intensif antara BPOM Republik Indonesia dengan Tanzania Medicines and Medical Devices Authority untuk percepatan registrasi produk farmasi.

Terakhir, terkait situasi di Gaza, kedua negara memiliki kesamaan posisi dan akan terus berkoordinasi untuk mendukung perjuangan bangsa Palestina.

Demikian yang dapat saya sampaikan. Selanjutnya, dengan hormat saya mengundang Presiden Samia untuk menyampaikan pernyataannya.
Terima kasih.

Keterangan Pers Terbaru