Pernyataan Presiden RI Joko Widodo Pada Pernyataan Pers Bersama dengan Presiden AS Barack Obama, di Oval Office White House, Amerika Serikat, 26 Oktober 2015

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 27 Oktober 2015
Kategori: Transkrip Pidato
Dibaca: 14.943 Kali

Logo PidatoPertama saya mengucapkan terima kasih kepada Presiden Barack Obama yang telah menerima saya dan delegasi dengan sangat baik. Dan Indonesia menyambut baik strategic partnership dan ini menunjukkan sebuah simbol peningkatan kerja sama Indonesia dan Amerika.

Indonesia adalah negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia dan merupakan negara demokratis ketiga di dunia. Islam Indonesia adalah Islam yang moderat, Islam Indonesia adalah Islam yang modern, Islam Indonesia adalah Islam yang toleran. Kami yakin Islam di Indonesia mampu berperan penting dalam menjaga demokrasi dan juga pluralisme dan menentang radikalisme dan terorisme

Yang kedua, ekonomi Indonesia adalah ekonomi terbuka. Indonesia dengan penduduk 250 juta merupakan ekonomi terbesar di Asia Tenggara. Dan Indonesia bermaksud untuk bergabung dengan TPP.

Yang ketiga, Indonesia adalah salah satu negara terbesar dalam ekonomi digital. Dan saya sudah menetapkan ekonomi digital ini menjadi prioritas Indonesia. Dan saya tadi mengajak Amerika untuk bekerjasama dengan Indonesia dalam hal ekonomi digital ini.

Dan saya dengan Presiden Barack Obama juga telah berdiskusi mengenai perubahan iklim dan kami telah sepakat dalam mengatasi hal ini. Dan terutama di Indonesia yang sekarang ini menghadapi tantangan besar yaitu kebakaran lahan gambut yang memang pemadamannya memerlukan sebuah tantangan yang besar bagi Indonesia.

Dan saya dengan Presiden Barack Obama telah sepakat untuk memperkuat dan memperluas kerja sama antara Indonesia dan Amerika.

Terima kasih.

(Humas Setkab)

Transkrip Pidato Terbaru