Pernyataan Presiden RI pada Pernyataan Pers Bersama dengan Perdana Menteri Jepang, di Hotel The Okura, Tokyo, Jepang, 17 Desember 2023

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 17 Desember 2023
Kategori: Keterangan Pers
Dibaca: 251 Kali

Pernyataan Presiden RI pada Pernyataan Pers Bersama dengan Perdana Menteri Jepang, di Hotel The Okura, Tokyo, Jepang, 17 Desember 2023

Yang Mulia Perdana Menteri Kishida Fumio,
Terima kasih atas sambutan dan keramahtamahan pemerintah Jepang sebagai tuan rumah KTT Peringatan 50 Tahun Kemitraan ASEAN-Jepang. Dalam KTT tersebut telah disepakati visi bersama dan rencana implementasi yang menjadi acuan kemitraan ke depan.

Yang Mulia,
Lima puluh tahun kemitraan ASEAN-Jepang telah menjadikan ASEAN dan Jepang sebagai trusted partners. Pertama, sebagai partners for peace and stability, ASEAN dan Jepang terus berkomitmen menjaga perdamaian dan stabilitas kawasan melalui kolaborasi inklusif dan penghormatan aturan hukum internasional dan penguatan sentralitas ASEAN. Para pemimpin ASEAN juga menyampaikan apresiasi atas dukungan penuh Jepang untuk implementasi dan pengutamaan ASEAN Outlook on Indo-Pacific dan menyambut baik rencana KTT Mekanisme Trilateral antara Jepang, RTT, dan Korea Selatan sebagai wujud habit of dialogue. Selain itu, kami juga membahas situasi di Gaza dan pentingnya mendorong gencatan senjata permanen dan akses bantuan kemanusiaan seluas-luasnya, serta segera dimulainya proses perdamaian.

Yang kedua, sebagai partners across generations yang diperkuat melalui peningkatan kerja sama pendidikan, research and development, dan pengembangan ekonomi digital.

Yang ketiga, sebagai partners for economy and society melalui prioritas kerja sama dua sektor utama, yaitu penguatan ketahanan pangan dan energi melalui kerja sama teknologi pertanian, mendorong investasi dan alih teknologi, percepatan transformasi digital melalui upaya upskilling dan reskilling SDM, serta peningkatan konektivitas digital, khususnya bagi UMKM.

Selain itu, ASEAN juga mengharapkan dukungan Jepang terhadap kerangka ekonomi digital ASEAN, pemanfaatan RCEP (Regional Comprehensive Economic Partnership) yang lebih optimal, serta transisi energi yang lebih adil dan berkelanjutan.

Sebagai penutup, dengan semangat persahabatan, saya  meyakini kemitraan ASEAN dan Jepang dapat terus berkontribusi menjaga stabilitas dan perdamaian, mendekatkan masyarakat, dan menggerakkan pertumbuhan ekonomi di kawasan dan dunia.

Terima kasih.

Keterangan Pers Terbaru