Pernyataan Presiden RI pada Pernyataan Pers Bersama Presiden RI dengan Perdana Menteri Malaysia, di Kompleks Seri Perdana, Putrajaya, Malaysia, 8 Juni 2023

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 9 Juni 2023
Kategori: Keterangan Pers
Dibaca: 1.656 Kali

Pernyataan Presiden Joko Widodo pada Pernyataan Pers Bersama Presiden RI dengan Perdana Menteri Malaysia Dato’ Seri Anwar Ibrahim, 18 April 2023

Bismillahirrahmanirrahim.
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Kakak saya, sahabat baik saya, Yang Mulia Dato’ Seri Anwar Ibrahim. Merupakan kehormatan bagi saya dan delegasi berkunjung ke Malaysia, membalas kunjungan Dato’ Seri Anwar Ibrahim ke Indonesia pada bulan Januari yang lalu. Tadi sudah banyak disampaikan oleh Dato’ Seri Anwar.

Yang pertama, saya menyambut baik penyelesaian negosiasi batas laut teritorial di Laut Sulawesi dan Selat Melaka bagian selatan setelah 18 tahun proses negosiasi, 18 tahun, bisa diselesaikan. Ini alhamdulillah, berkat Dato’ Seri Anwar Ibrahim yang bekerja cepat dibantu para menteri.

Saya juga berharap negosiasi perbatasan lainnya, termasuk di darat, Sebatik dan kemudian Sinapat-Sesai juga bisa segera diselesaikan. Mumpung perdana menterinya masih Dato’ Seri Anwar Ibrahim dan di Indonesia presidennya masih Jokowi. Saya juga menyambut baik penyelesaian MoU untuk border crossing agreement, border trade agreement, dan juga sertifikasi halal, dan juga kerja sama promosi investasi.

Kemudian yang kedua, mengenai perlindungan pekerja migran Indonesia (PMI). Saya sangat menghargai sekali komitmen Dato’ Seri Anwar Ibrahim untuk memperkuat perlindungan PMI Indonesia dan juga penegakan hukum yang adil bagi para pekerja Indonesia. Dan juga, saya dan Pak Anwar sepakat untuk membentuk mekanisme khusus bilateral untuk menyelesaikan masalah-masalah pekerja migran Indonesia.

Saya juga mendorong Community Learning Center di Semenanjung segera diwujudkan dan juga WNI yang ada di Depo Imigrasi juga bisa segera dipulangkan, serta one channel system harus dioptimalkan.

Yang ketiga, terkait dengan kolaborasi untuk melawan diskriminasi kelapa sawit dan juga komoditas lainnya. Saya sangat menghargai baru-baru ini dilakukan joint nation Indonesia-Malaysia ke Brussels dan kolaborasi semacam ini harus terus diperkuat, jangan sampai komoditas-komoditas yang dihasilkan oleh Malaysia, oleh Indonesia didiskriminasi di negara lain.

Saya rasa, itu yang ingin saya sampaikan. Terima kasih sekali lagi atas keramah-tamahan dan penyambutan dari Yang Mulia Dato’ Seri Anwar Ibrahim kepada kami dan delegasi. Terima kasih, Pak Anwar. Terima kasih.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Keterangan Pers Terbaru