Pertemuan Bilateral Republik Indonesia dan Australia, 10 Februari 2020, di Gedung Parlemen, Canberra, Australia

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 10 Februari 2020
Kategori: Pengantar
Dibaca: 119 Kali

Terima kasih sekali lagi Yang Mulia Perdana Menteri Scott Morrison atas sambutan hangat kepada saya dan delegasi. Dan di depan pertemuan pleno ini, saya ingin menyampaikan duka cita yang mendalam dan simpatik kepada korban kebakaran hutan kepada keluarga dan pemerintah Australia.

Saya yakin pemerintah Australia terus bekerja keras untuk menangani masalah ini dan solidaritas di antara kita perlu dikedepankan terutama jika salah satu (dari) kita sedang dalam masa yang sulit.

Tahun ini merupakan tahun yang khusus bagi Indonesia dan Australia karena kita memperingati 70 tahun hubungan diplomatik kita. Banyak yang telah kita capai dalam kurun (waktu) 70 tahun namun kita harus terus bekerja keras untuk mempersiapkan hubungan yang lebih kokoh ke depan. Satu fondasi yang kuat diperlukan untuk membangun kerja sama yang kokoh. Fondasi tersebut adalah saling percaya dan saling menghormati. Oleh karena itu, marilah kita memupuk rasa saling percaya, saling menghormati di antara kita, karena ini merupakan modal besar bagi hubungan Indonesia dan Australia yang kokoh, yang semakin kuat. Saya kira sudah banyak masalah yang saya sampaikan tadi malam dan dalam pertemuan tête-à-tête tadi, ini akan menyelesaikan banyak masalah di antara kita terutama yang berkaitan dengan perdagangan, investasi, dan pariwisata.

Pengantar Terbaru