Pertemuan dengan Anak-anak Muda Aceh, di Gedung Pertemuan PT Pupuk Iskandar Muda (PIM), Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh, 10 Februari 2023

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 10 Februari 2023
Kategori: Keterangan Pers
Dibaca: 164 Kali

Keterangan Pers Presiden Joko Widodo setelah Pertemuan dengan Anak-anak Muda Aceh, di Gedung Pertemuan PT Pupuk Iskandar Muda (PIM), 10 Februari 2023

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Iya, ini kita berdiskusi mengenai peluang, mengenai kesempatan kerja, mengenai peluang di pertanian, di perkebunan, di perikanan, di industri kreatif. Saya kira, banyak hal yang kita bicarakan tadi. Tetapi, tadi mereka meminta untuk dibuatkan rumah kreatif di Aceh dan saya sanggupi, akan kita bangun nanti creative hub di Banda Aceh yang besar, mungkin senilai Rp150-an miliar, gede. Sehingga urusan mungkin membuat animasi, untuk content creator, mungkin untuk fintech dan lainnya, semuanya akan dikerjakan di situ. Dan, industri kreatif lainnya.

Wartawan
Alasannya mengajak anak-anak muda Aceh berdialog kenapa, Pak?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Ya optimisme, jangan kita pesimis, optimisme. Kita ingin membangun optimisme.

Wartawan
Pak Jokowi, soal pabrik tadi, satu lagi, Pak. Kan target kita masih defisit sekitar 10 jutaan, nah itu targetnya kira-kira kapan?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Itulah kenapa saya perintahkan ke Menteri BUMN untuk PIM dihidupkan kembali, AAF dihidupkan kembali, karena kita kekurangan pupuk, baik itu amonia urea maupun NPK. Sehingga ini ada investasi 1,7 dibangun untuk NPK dan nanti akan keluar 570 [ribu ton] kali dua. Kita harapkan ini segera terselesaikan, karena problemnya di gas. Dan, Pak Menteri Erick Thohir, urusan gas sudah enggak ada masalah. Artinya, ini bisa segera jalan dan bisa dimaksimalkan kapasitasnya. Dan, saya senang dari kebutuhan 13,5 juta ton, kemudian nanti ada tambahan 570 ribu [ton] kali dua, ya sedikit bisa menyelesaikan kekurangan pupuk di beberapa provinsi. Pupuk bersubsidi juga bisa diselesaikan. Problem dunia sekarang ini adalah pupuk.

Wartawan
Di daerah lain ada lagi enggak potensi, ekspansi atau pengembangannya, Pak?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Pupuk ada lagi kita buat di Fakfak, di Papua Barat. Ini juga dimulai tahun  ini ya. Makasih.

Keterangan Pers Terbaru