Menerima Para Cendekiawan dan Budayawan, 26 September 2019, di Istana Merdeka, Provinsi DKI Jakarta

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 26 September 2019
Kategori: Keterangan Pers
Dibaca: 385 Kali

Bismillahirrahmanirrahim.
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Baru saja tadi saya bertemu, mengadakan pertemuan dengan senior-senior saya, dengan guru-guru saya. Dan banyak sekali pandangan-pandangan, banyak sekali masukan-masukan yang diberikan kepada saya dalam rangka peristiwa-peristiwa akhir-akhir ini yang terjadi di negara kita, Indonesia.

Tadi saya berbicara mengenai, yang pertama mengatasi kebakaran hutan dan lahan yang terjadi utamanya di Sumatra dan di Kalimantan. Baik menggunakan pembangunan kanal-kanal, kemudian juga water bombing, kemudian juga pembuatan hujan buatan yang kita tahu itu sangat mengurangi kejadian-kejadian titik-titik api yang ada di lapangan. Sehingga kalau kita lihat hari ini sudah jauh sangat berkurang.

Kemudian yang kedua, yang berkaitan dengan RUU KUHP. Banyak sekali tadi masukan-masukan yang kami terima dan saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas masukan-masukan. Baik tadi yang berkaitan misalnya hukum yang terlalu masuk ke wilayah privat, misalnya, ini saya kira sebuah masukan yang sangat baik. Dan juga yang berkaitan dengan pasal-pasal yang lain-lainnya, termasuk pasal penghinaan terhadap presiden.

Kemudian yang ketiga, yang berkaitan dengan Undang-Undang KPK yang sudah disahkan oleh DPR. Banyak sekali masukan-masukan juga yang diberikan kepada kita, utamanya memang masukkan itu berupa penerbitan perppu. Tentu saja ini akan segera kita hitung, kita kalkulasi, dan nanti setelah kita putuskan akan juga kami sampaikan kepada para senior dan guru-guru saya yang hadir pada sore hari.

Dan juga tadi saya menyampaikan mengenai penghargaan saya, apresiasi saya terhadap demonstrasi yang dilakukan oleh para mahasiswa, yang ini saya kira sebuah bentuk demokrasi di negara kita. Dan masukan-masukan yang disampaikan kepada saya dalam demo juga menjadi catatan besar dalam rangka memperbaiki yang kurang yang ada di negara kita. Yang paling penting, jangan sampai demo merusak fasilitas umum, anarkis, dan merugikan kita semuanya.

Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan pada kesempatan ini.

Keterangan Pers Terbaru