Pertemuan dengan Pemain Tim Nasional Sepak Bola Indonesia U-20 tahun 2023, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Provinsi DKI Jakarta, 1 April 2023

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 1 April 2023
Kategori: Keterangan Pers
Dibaca: 606 Kali

Keterangan Pers Presiden Joko Widodo setelah Pertemuan dengan Pemain Tim Nasional Sepak Bola Indonesia U-20 tahun 2023, 1 April 2023

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Ya, sore hari ini saya hadir di Gelora Bung Karno untuk memberikan semangat kepada tim U-20 untuk agar mereka tidak larut terus dalam kekecewaan dan kesedihan. Dan, tadi saya sampaikan bahwa ke depan kita ingin memiliki tim yang dibangun sejak awal secara terus-menerus, berkepanjangan, sehingga kita bisa mendapatkan sebuah tim nasional yang betul-betul siap. Karena kayak U-20 ini karena masih muda, masih memiliki banyak kesempatan. Bisa nanti main di SEA Games, bisa main di Asian Games, masih bisa main di AFF, masih bisa main di Olimpiade 2024, saya kira kesempatan itu masih panjang. Sehingga, tadi saya sampaikan pada mereka jangan patah semangat. Ya, itu.

Wartawan
(Audio tidak terdengar jelas)

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Kemarin saya menerima surat dari Presiden FIFA, Gianni Infantino. Dan, saya sudah memerintahkan kepada Ketua Umum PSSI untuk menyiapkan blueprint, menyiapkan peta jalan transformasi sepak bola Indonesia untuk segera disampaikan kepada FIFA, dan juga untuk berkomunikasi terus dengan FIFA, baik dengan Presiden FIFA maupun dengan Council agar kita tidak diberikan sanksi oleh FIFA. Dan, mungkin dalam bulan-bulan ini, saya harapkan nanti Ketua Umum PSSI Bapak Erick Thohir bisa terbang lagi ke FIFA, ke Zurich, untuk menyampaikan hal yang tadi saya sampaikan, ya. Makasih.

Wartawan
(Audio tidak terdengar jelas)

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Tadi Coach Shin Tae-yong menyampaikan memang ada masih titik-titik lemah yang perlu diperbaiki, baik di sisi terutama di sisi fisik dan sedikit di sisi skill. Tetapi, bahwa ada sebuah perbaikan yang sangat mendasar di sisi skill sehingga persiapan mereka untuk masuk di sebuah kompetisi itu Coach Shin menyampaikan sangat siap.

Wartawan
Pak, apa ada kompensasi untuk tim…(audio tidak terdengar jelas)?

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Tadi saya menanyakan kepada para pemain, apakah ada hal-hal yang bisa saya dengar mengenai keinginan-keinginan. Beberapa dari mereka ingin kuliah, beberapa dari mereka ingin bisa masuk ke Polri, TNI maupun di PNS. Itu saja, terima kasih.

Keterangan Pers Terbaru