Pidato Presiden Joko Widodo Pada ‘Groundbreaking’ Pembangunan Kawasan Olahraga Untuk PON XX Tahun 2020, Di Kab. Jayapura, Papua, 9 Mei 2015

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 11 Mei 2015
Kategori: Transkrip Pidato
Dibaca: 24.680 Kali

Logo PidatoAssalamu ‘Alaikum Wr. Wb.
Salom, salam sejahtera bagi kita sekalian.

Yang saya hormati para menteri kabinet kerja, Gubernur Papua, Panglima TNI, Kapolri, seluruh tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh agama, hadirin yang berbahagia.

Puji syukur kita hadirkan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, kita dapat menghadiri groundbreaking pembangunan fasilitas PON tahun 2020. Tadi sudah disampaikan oleh Wakil Gubernur bahwa fasilitas untuk pembangunan PON 2020 akan habis menghabiskan anggaran kurang lebih Rp 10 triliun. Saya tadi bertanya ke Pak Wagub, Rp 10 triliun itu APBN berapa, APBD berapa, harus jelas dari depan,  Rp 10 triliun kan banyak mungkin APBD provinsi 8, APBN 2, atau dibalik.

Sekali lagi proyek ini memiliki arti yang penting bukan hanya bagi tanah Papua tetapi juga bagi keolahragaan di Indonesia. Pembangunan fasilitas PON juga bagian dari membangun konektivitas Indonesia melalui olahraga karena nanti setelah dari Jayapura, saya akan ke Manokwari untuk meresmikan Papua Maluku Sulawesi Cable System yang akan meningkatkan konektivitas komunikasi antara Papua dengan wilayah wilayah lain di negara kita Indonesia. Sekali lagi cable system yang nanti segera akan kita resmikan.

Hadirin yang berbahagia, tanah Papua perlu dibangun tidak hanya fisiknya tetapi juga jiwa dan raganya. Membangun tanah papua juga membangun jiwa dan semangat melalui olahraga dan penetapan Papua sebagai lokasi PON 2020 merupakan awal kebangkitan olahraga di Indonesia terutama di wilayah timur.

Selain itu penunjukan Papua sebagai tuan rumah juga menjadi ajang kebersamaan kita semuanya bersama masyarakat Papua karena sejumlah venue yang dibangun di beberapa kabupaten di Jayapura, Kabupaten Jayapura, di Kabupaten Mimika, di Kabupaten Merauke ini berarti tinggal satu saja berarti pembagian anggarannya pusat berapa, provinsi berapa nanti segera kita putuskan sehingga pembangunan fasilitas PON ini segera bisa berjalan, dan semoga tidak ada rintangan.

Dengan mengucap Bismillahirahmannirrahim, dengan ini saya resmikan groundbreaking pembangunan fasilitas PON tahun 2020.

Wassalamu ‘alaikum Wr. Wb.

(Humas Setkab)

Transkrip Pidato Terbaru