Pidato Presiden Joko WidodoPada Boao Forum For Asia Annual Conference Di Boao, Hainan, RRT, 28 Maret 2015

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 31 Maret 2015
Kategori: Transkrip Pidato
Dibaca: 23.619 Kali

admin-ajax.php_Yang terhormat Presiden Xi Jinping,

Yang terhormat Kepala Negara, Kepala Pemerintahan, Bapak/Ibu sekalian.

Yang menjadi tema forum ini adalah, Asia’s New Future: Towards a Community of Common Destiny. Sungguh menggambarkan arah kerjasama di masa yang akan datang.

Ada empat tantangan yang kita hadapi. Yang pertama, meningkatkan kualitas hidup rakyat. Yang kedua, menjaga pertumbuhan dan pembangunan berkelanjutan. Yang ketiga, keamanan. Yang keempat, lapangan pekerjaan.

Faktor kunci utama untuk mencapai hal tersebut ada dua. Satu, stabilitas, baik stabilitas internal maupun stabilitas eksternal. Yang kedua, infrastruktur. Memiliki infrastruktur yang baik otomatis ekonomi akan tumbuh.

Kita harus belajar dari masa lalu. Asia pernah menderita karena perang dan penjajahan. Dan sejak kemerdekaan dan kerja keras, pusat ekonomi mulai bergeser, dari Barat menuju ke Timur.

Tapi, ada yang perlu diperhatikan bahwa kita harus belajar teknologi dari Barat. Namun, harus tetap menjaga nilai-nilai budaya dan nilai-nilai tradisi.

Bagaimana menjaga stabilitas internal, bahwa kepentingan nasional harus di atas kepentingan individu, kepentingan golongan/partai jangan sampai pembangunan lambat dan kehilangan investasi karena hal tersebut.

Untuk stabilitas eksternal, bahwa sengketa harus diselesaikan  dengan cara-cara yang damai dan bijak dan jangan sampai terjebak dalam permainan-permainan yang merugikan kita semuanya.

Negara-negara Asia tidak boleh dibiarkan memiliki ketegangan-ketegangan dan perlombaan senjata, karena ini adalah permainan berbahaya dengan biaya yang sangat mahal dan tidak menguntungkan siapapun, tidak menguntungkan negara manapun.

Saya lihat Tiongkok bergerak cepat serba cepat,  bangun jalan tol cepat, bangun kereta api cepat, bangun industri cepat dan para pemimpinnya bekerja dengan cepat. Indonesia juga ingin membangun dengan cepat, pembangkit listrik, industri, kereta api, jalan tol, dan pelabuhan.  Kita ingin investasi, kita ingin membangun cepat.

Akhir kata, kita harus menghargai yang kita miliki sekarang. Usaha bersama serta kemauan bekerja sama dengan kebijaksanaan dan percaya diri untuk memastikan adanya stabilitas yang akan meningkatkan pembangunan dan pertumbuhan yang berkelanjutan.

Terima kasih.

(Humas Setkab)

 

Transkrip Pidato Terbaru