Pidato Presiden pada Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur di Istana Negara, Jakarta 12 Februari 2016

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 12 Februari 2016
Kategori: Transkrip Pidato
Dibaca: 8.707 Kali

Bismillahhirahmannirrahim. Assalamualaikum warrahmatulahi wabarakatuh. Selamat sore, salam sejahtera bagi kita semuanya.

Atas nama Bangsa, Negara dan Rakyat Indonesia, saya mengucapkan selamat atas pelantikan saudara-saudara sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur rakyat di 7 Provinsi, Provinsi Sumatera Barat, Provinsi Jambi, Provinsi Kepulauan Riau, Provinsi Bengkulu, Provinsi Kalimantan Utara, Provinsi Kalimantan Selatan, Provinsi Sulawesi Utara, pasti gembira menyambut kehadiran Saudara-saudara sebagai pemimpin baru, dengan mandat baru dengan semangat kepemimpinan yang baru pula, kita juga harus bersyukur karena telah melalui dan melaksanakan pemilihan kepala daerah serentak  yang pertama dengan aman, damai dan demokratis.

Atas keberhasilan itu, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi, kepada komisi pemilihan umum di Pusat sampai di daerah, Badan Pengawas Pemilu dan jajarannya di daerah, dewan kehormatan penyelenggara pemilu, aparat keamanan dan seluruh pihak yang telah memastikan pilkada serentak berlangsung aman, damai dan demokratis.

Hadirin sekalian setelah pilkada serentak berakhir, kini saatnya kita melangkah bersama untuk melanjutkan ujian sejarah berikutnya yang maha berat, mewujudkan janji-janji Saudara untuk mencapai kesejahteraan rakyat di daerah-daerah yang saudara pimpin. Ini saatnya saudara-saudara harus berjanji bekerja siang dan malam, untuk memastikan  setiap rakyat di seluruh pelosok wilayah bisa merasakan kehadiran pelayanan pemerintahan dalam kehidupan sehari-hari, memastikan semua rakyat di daerah yang Saudara-saudara pimpin mendapat air bersih, memperoleh listrik, menikmati layanan transportasi yang  terjangkau serta bisa mengakses layanan pendidikan dan kesehatan dengan kualitas yang baik.

Jangan lupa, rakyat juga mengharapkan daya beli yag kuat dengan daya inflasi yang rendah terkendali, pembukaan lapangan kerja baru untuk menyerap pengangguran, langkah yang lebih konkret dalam mengentaskan kemiskinan, terobosan untuk mengurangi ketimpangan antar wilayah dan kesenjangan sosial.

Hadirin sekalian yang saya hormati, saya ingin mengingatkan bahwa sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur, Saudara sekalian adalah wakil pemerintah pusat di daerah dalam melaksanakan pembangunan daerah, Gubernur  harus berpedoman pada visi-misi  Presiden, jabarkan sesuai dengan konteks daerah masing-masing, dengan cara itu kita bisa membangun keterpaduan keintegrasian,memperkuat sinergi dalam percepatan  pembangunan nasional.

Saya juga meminta para Gubernur dan Wakil Gubernur untuk meningkatkan peran sebagai simpul penting koordinasi antara Kementerian/Lembaga  di tingkat pusat dengan  pemerintah di kabupaten dan kota, program-program Kementerian di Pusat ke daerah harus betul-betul  konsolidasi dengan baik. Demikian pula dengan program lintas Kabupaten Kota harus bisa difasilitasi dan disinergikan dengan baik, tingkatkan pengawasan pembangunan kabupaten/kota, permasalahan yang sifatnya lintas Kabupaten Kota harus bisa diantisipasi dan ditangani dengan baik. Jangan bekerja di belakang meja, turun langsung  ke lapangan untuk mengurai masalah, untuk menyelesaikan masalah.

Demikian pesan dan harapan yang ingin saya sampaikan kepada Gubernur dan Wakil Gubernur. Gubernur dan Wakil Gubernur harus bisa jadi dwitunggal dengan saling memperkuat dan melengkapi. Bekerjalah dengan baik, penuh amanah, dekatlah selalu dengan rakyat, sehingga saudara-saudara tetap menjadi pemimpin yang terpercaya.

 Terima kasih, wassalamualaikum warrahmatulahi wabarakatuh.

Transkrip Pidato Terbaru