PLN Hadir, Gubernur Bengkulu: Tahun 2020, Listrik di Enggano Terang Benderang

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 19 Agustus 2016
Kategori: Berita
Dibaca: 28.964 Kali
Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti didampingi Bupati Bengkulu Utara Mi'an meninjau pelayanan PT PLN (Persero) di Pulau Enggano, Rabu (17/8) lalu

Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti didampingi Bupati Bengkulu Utara Mian meninjau pelayanan PT PLN (Persero) di Pulau Enggano, Rabu (17/8) lalu.

Pulau Enggano merupakan satu dari 91 pulau-pulau kecil terluar yang berpenduduk di Indonesia, yang secara administrasi terletak di Kecamatan Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu. Pulau Enggano sebagai pulau kecil yang berada di beranda Nusantara, kondisinya relatif sama dengan pulau-pulau kecil terluar lainnya di negeri ini, yang umumnya memiliki karakteristik yang khas dan sekaligus menjadi sumber permasalahan yang membutuhkan penanganan secara terpadu dan menyeluruh, salah satunya adalah penerangan.

Guna mendukung program Nawacita ke-3 dari Presiden Joko Widodo yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan, PT. PLN (Persero) sebagai perusahaan listrik negara saat ini telah hadir di Pulau Enggano guna mengatasi masalah penerangan itu.

Karena itu, Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti optimis Pulau Enggano akan segera terang benderang. “Tahun 2020 listrik di Enggano terang benderang, tidak ada mati-mati lagi,” kata Gubernur meyakini saat membuka Festival Adat Enggano, di halaman kantor Kecamatan Pulau Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara, Rabu (17/8) lalu.

Menanggapi hal tersebut Manager Area PT. PLN (Persero) Bengkulu Paris El Hakim mengatakan, saat ini PT. PLN (Persero) telah menyiapkan 3 PLTD (Pembangkit Listrik Tenaga Diesel) untuk Enggano yaitu 1 unit pembangkit berukuran 50 KW dan 2 unit pembangkit berukuran 100 KW.

Paris El Hakim juga menjelaskan, bahwa PLN hadir langsung pasang jaringan di Pulau Enggano. “Harapan kami masyarakat berbondong-bondong untuk segera mendaftar sebagai pelanggan PLN,” pintanya.

PT. PLN (Persero) menargetkan pemasangan instalasi sebanyak 250 kepala keluarga bagi masyarakat Enggano.

Untuk tahap awal PT. PLN (Persero) telah memasang jaringan listrik di Ibukota Kecamatan Enggano, yaitu di Desa Apoho sebanyak 53 pelanggan yang nantinya masih akan bertambah lagi.

PT. PLN (Persero) melalui program CSR-nya juga telah memasang instalasi listrik secara cuma-cuma kepada 10 pelanggan khusus yang melayani masyarakat. Salah satunya seperti Kantor Kecamatan Enggano yang sekaligus pada tanggal 17 Agustus 2016 selepas Upacara Bendera diresmikan oleh Gubernur Bengkulu. (Aqif, Kedeputian Kemaritiman/ES).

 

Berita Terbaru