PM Jepang Nyatakan Dukungan Bagi Presidensi G20 Indonesia

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 27 September 2022
Kategori: Berita
Dibaca: 825 Kali

Wapres Ma’ruf Amin melakukan kunjungan kehormatan kepada PM Jepang Fumio Kishida, di Istana Akasaka, Tokyo, Senin (26/09/2022). (Foto: BPMI Setwapres)

Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida menyatakan dukungan terhadap Presidensi G20 Indonesia termasuk penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang akan digelar di Bali pada November 2022 mendatang.

Hal tersebut mengemuka dalam kunjungan kehormatan atau courtesy call Wakil Presiden (Wapres) RI, Ma’ruf Amin, di Istana Akasaka, Tokyo, Jepang, Senin (26/08/2022).

“Perdana Menteri [Jepang] juga menyatakan dukungan penuh terhadap pelaksanaan G20 di mana Indonesia menjadi tuan rumah, presidensi G20. [Jepang] akan mendukung untuk kesuksesan pelaksanaan itu. Pemerintah Jepang akan mendukung penuh,” ujar Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi, dalam keterangan persnya usai mendampingi Wapres dalam pertemuan.

Selain itu, terang Masduki, Pemerintah Jepang juga memberikan dukungan penuhnya terhadap keketuaan Indonesia di ASEAN pada tahun 2023.

“Tahun depan Indonesia juga akan menjadi pimpinan ASEAN, itu dia [PM Jepang] juga akan mendukung sepenuhnya untuk melakukan kerja sama-kerja sama regional yang berhubungan dengan ASEAN, ataupun yang berhubungan dengan Jepang dan negara-negara sekitarnya,” kata Masduki.

Di saat bersamaan, imbuh Masduki, PM Jepang juga meminta dukungan Indonesia terhadap keketuaan Jepang pada G7 di tahun 2023.

“PM Kishida menyampaikan bahwa Jepang pada tahun depan itu juga akan menjadi tuan rumah G7, negara-negara maju. Beliau juga minta dukungan kepada Pemerintah Indonesia,” kata Masduki.

Wapres Ma’ruf Amin pun mengapresiasi dukungan yang diberikan oleh Pemerintah Jepang tersebut. Wapres juga berharap hubungan bilateral kedua negara dapat membawa manfaat bagi kedua belah pihak.

“Wakil Presiden menyambut baik atas dukungan itu dan mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh Pemerintah Jepang, dukungan hangat dan kerja sama yang selama ini terjadi,” tandas Masduki. (UN)

Berita Terbaru